Jumat 28 Sep 2018 07:03 WIB

Fakhri: Timnas U-16 Bukan tentang Harkat-Martabat Sepak Bola

Fakhri lebih menyebut keberhasilan timnas u-16 sebagai pengembangan pemain muda

Gelandang timnas U-16 Andre Oktaviansyah mengejar pemain India.
Foto: Dok AFC
Gelandang timnas U-16 Andre Oktaviansyah mengejar pemain India.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengingkatkan kepada semua pihak bahwa apa yang dicapai timnya sampai saat ini semata untuk mengembangkan potensi pesepak bola muda. Bukan tentang mengangkat harkat-martabat sepak bola Indonesia.

"Itu pandangan yang keliru. Timnas U-16 ini soal pengembangan pemain muda," ujar Fakhri di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9) malam.

Pelatih asal Aceh itu melanjutkan, tolok ukur prestasi timans U-16 bukan tentang berapa banyak gelar juara yang diperoleh. Melainkan berapa banyak pemain U-16 yang dapat menembus timnas kelompok umur di atasnya.

Meski demikian, Fakhri memaklumi jika harapan masyarakat Indonesia terhadap skuatnya terlanjur tinggi. Terutama setelah mereka menjuarai Piala U-16 AFF 2018.

"Namun saya ingatkan, merupakan hal yang terbalik kalau beban tim nasional Indonesia diserahkan sepenuhnya kepada U-16," tutur dia.

Memang, dibandingkan dengan seniornya, prestasi timnas U-16 Indonesia jauh lebih mentereng sejak dibentuk tahun 2017.

Selain merengkuh juara di Piala U-16 AFF 2018 yang menjadi gelar pertama Indonesia sepanjang sejarah turnamen itu, timnas U-16 Indonesia juga dinobatkan sebagai kampiun Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam dan turnamen sepak bola remaja U-16 JENESYS Jepang-ASEAN 2018. Selain juga menjadi yang terbaik kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 (memimpin Grup G dengan empat kemenangan dari empat pertandingan).

Terkini, timnas berjuluk Garuda Asia ini menorehkan catatan apik anyar yaitu pertama kalinya lolos dari babak grup Piala U-16 Asia tahun 2018 setelah terakhir kali itu dilakukan tahun 1990 atau 28 tahun silam.

Kepastian melajunya Indonesia ke perempatfinal Piala U-16 Asia 2018 didapatkan usai bermain imbang 0-0 dengan India di laga pamungkas Grup C. Indonesia maju delapan besar Piala U-16 Asia 2018 sebagai juara Grup C setelah mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan.

India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Di perempatfinal, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement