Sabtu 29 Sep 2018 19:10 WIB

Tommy Sugiarto ke Final Korea Terbuka 2018

Tommy mengandaskan perlawanan juniornya Jonatan Christie dua gim langsung.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Tommy Sugiarto.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Tommy Sugiarto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tommy Sugiarto memastikan tiket final nomor tunggal putra kejuaraan bulu tangkis Korea Terbuka Super 500. Tommy mengandaskan perlawanan juniornya Jonatan Christie dua gim langsung 21-13 dan 22-21 pada partai semifinal yang digelar di Stadion SK Handball, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/9). 

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, bersama Tommy menjadi wakil terakhir Indonesia pada ajang yang menyediakan hadiah total 600 ribu dolar AS (sekitar Rp 8,9 miliar) tersebut. Sebelumnya, di babak perempat final, dari lima wakil Indonesia yang tersisa dan tampil di nomor ganda putri, campuran, dan tunggal putra, hanya tersisa Jojo dan Tommy. 

Pada gim pertama, Jojo sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu dari Tommy. Bahkan, peraih emas Asian Games 2018 itu sempat 11-8. Namun, memasuki paruh kedua gim pertama, Jojo gagal mempertahankan keunggulan. Raihan poin Jojo pun sempat terhenti di angka 12.

Di sisi lain, Tommy berhasil memanfaatkan keadaan tersebut. Bahkan, unggulan kedelapan di ajang Korea Terbuka 2018 itu mampu memetik 11 poin secara beruntun. Tommy pun terus melaju hingga unggul 19-12. Jojo berusaha bangkit, namun selisih angka yang begitu besar membuat pebulu tangkis berusia 21 tahun itu harus rela kehilangan gim pertama dan mengakui keunggulan Tommy, 13-21. 

Memasuki gim kedua, pertarungan kedua pebu lutangkis berlangsung sengit. Jojo langsung tancap gas dengan meninggalkan raihan poin Tommy, 4-1. Namun, secara perlahan, Tommy mampu terus mengejar dan menjaga selisih angka menjadi dua poin, saat kedudukan 8-6. Kejar-mengejar angka kembali terjadi pada pertengahan gim. Namun, berbeda dengan Jojo, yang sering kehilangan angka, Tommy terus konsisten menambah poin. 

Pertarungan antara dua wakil Indonesia ini kian sengit saat memasuki poin ke-16. Kedua pebulu tangkis saling berebut poin-poin, dari poin 17 hingga poin 19. Bahkan, pemenang dari gim kedua harus ditentukan dengan skema deuce poin, saat kedudukan sama kuat 20-20. Tommy akhirnya mampu menutup partai semifinal ini, sekaligus memastikan satu tempat di partai final berkat kemenangan 22-20 atas Jojo pada gim kedua. SKor pertemuan kedua pemain ini menjadi 2-1 untuk Tommy.

Pada partai final tunggal putra Korea Open 500, Tommy sudah ditantang pebulu tangkis asal Cina Taipei, Chou Tien Chen. Pada laga semifinal, Chou berhasil mengalahkan wakil Jepang, Kenta Mishimoto, dengan rubber gim 19-21, 21-18, dan 21-14. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement