Senin 01 Oct 2018 17:43 WIB

Timnas U-16 Indonesia Belum Berhasil Lolos ke Piala Dunia

Indonesia sempat lebih dulu unggul 1-0 atas Australia di babak pertama.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Timnas U-16
Foto: Dok PSSI
Timnas U-16

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Timnas Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Australia di perempat final Piala Asia U-16 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/9). Skuat Garuda Asia kalah 2-3 oleh tim berjuluk the Joeys.

Hasil ini membuat mimpi pasukan Fachri Husaini untuk tampil di Piala Dunia U-17 di Peru 2019 mendatang pupus. Tiket itu disegel oleh Australia U-16 yang terus maju ke semifinal Piala Asia U-16 untuk melawan Jepang di laga berikutnya.

Indonesia unggul lebih dulu lewat gol Sutan Zico di menit ke 17. Berawal dari kesalahan pemain Australia Joseph Roddy menahan bola liar, Zico menjemput si kulit bundar, menahan sebentar, kemudian melepaskan tendangan kaki kiri menyusur rumput ke sudut kanan gawang. Kiper Adam Pavlesic yang sudah menjatuhkan badan gagal menghentikan laju bola. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Australia mulai memanfaatkan beberapa titik lemah Indonesia. Tim asuhan Trevor Morgan menyamakan kedudukan di menit 50. Bek Daniel Walsh yang maju membantu serangan menyambut set piece rekannya berhasil memanfaatkan tinggi badan untuk menanduk bola ke gawang Indonesia yang dijaga Ernando.

Ketika skor sama kuat 1-1, permainan Indonesia masih belum menurun. Sutan Zico dan kawan-kawan menjaga determinasi untuk kembali bisa unggul dari lawan.

Namun di saat asik menyerang, lini pertahanan Indonesia justru kosong. Pada menit ke-65, serangan balik Australia membuat Ernando kembali harus memungut bola dari gawangnya.

Adam Leombruno yang mendapatkan umpan terobosan dari lini kedua melepaskan tendangan keras kaki kiri. Sepakan Leombruno tak dapat diantisipasi Ernando karena terlalu keras. Padahal Ernando sudah benar membaca arah bola.

Noah Botic di menit 73 kembali menghukum Ernando. Kerja sama satu dua pemain Australia sangat cantik untuk mengelabui pertahanan Indonesia.

Setelah itu Botic berlari kencang menuju kotak penalti Indonesia. Dua kali kocek, ia mampu mengelabui salah satu bek Indonesia dan kemudian melepaskan tendangan keras kaki kanan dari bibir kotak penalti. Botic pun melakukan selebrasi meriah karena keberhasilannya menaklukan Ernando setelah beberapa kali percobaannya gagal.

Striker Indonesia Rendi Juliansyah di menit ke-89 medapatkan umpan terobosan mampu memperkecil skor jadi 2-3. Rendi dengan cerdik mengecoh kiper Pavlesic di mulut gawangnya. Gol Rendi ini membuat asa Indonesia untuk lolos kembali terbuka.

Tapi sayang tambahan waktu empat menit untuk injury time tidak cukup buat Indonesia. Australia berhasil mengunci kemenangan 3-2 sampai wasit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement