Kamis 04 Oct 2018 09:52 WIB

Empat Pembalap Ini Sukses di Tiga Pabrikan MotoGP

Valentino Rossi sejauh ini hanya bisa menang dengan Honda dan Yamaha.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Jorge Lorenzo
Foto: Hendrik Schmidt/dpa via AP
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, BURIRAM -- Jorge Lorenzo saat ini tengah disorot setelah berhasil menaklukkan desmosedici di tahun kedua bersama tim Ducati. Dia digadang-gadang menjadi pembalap kelima yang akan mengulang sukses empat pembalap sebelumnya di tiga pabrikan berbeda.

Musim depan, The X Fuera akan hijrah ke Honda dan menjadi rekan setim Marc Marquez. Apakah Lorenzo juga bisa membuat prestasi di Honda sebagaimana di Ducati?

Dilansir dari Speedweek, Kamis (4/10), sejauh ini hanya ada empat pembalap yang berhasil menjadi juara dunia dengan tiga motor pabrikan sekaligus. Pertama, Mike Hailwood dengan Norton, MV Agusta, dan Honda. Kedua, Eddie Lawson dengan Yamaha, Honda, dan Cagiva. Ketiga, Randy Mamola dengan Suzuki, Honda, dan Yamaha. Keempat, Loris Capirossi dengan Yamaha, Honda, dan Ducati.

photo
Valentino Rossi

Valentino Rossi sejauh ini hanya bisa menang dengan Honda dan Yamaha. Jika Lorenzo berhasil dengan Honda, dia akan bergabung dengan empat pembalap legenda yang luar biasa.

Lorenzo bisa berdamai dengan desmosedici dan tidak gagal sebagaimana Bayliss, Gibernay, Melandri, dan Rossi. Sebelumnya dia juga tampil tanpa cela di Yamaha berkat kejeniusannya mengemudi.

Namun, perlu juga diingat bahwa Lorenzo kerap bingung dan putus asa di tahun pertama bersama Ducati. Juniornya, Tito Rabat, bahkan pernah mengalahkannya beberapa kali pada 2017 dan 2018.

Oleh sebab itu, masuk akal jika Ducati awalnya berpikir mengganti Lorenzo dengan Danilo Petrucci. Petrucci tahun lalu melaju dengan penghasilan 200 ribu euro di satelit Ducati, lalu menjadi 400 ribu euro setahun kemudian, dan kemungkinan akan menjadi satu juta euro musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement