Kamis 04 Oct 2018 19:01 WIB

Menpora Berharap Timnas U-19 Tembus Semifinal Piala AFC U-19

Menpora mengatakan, target tersebut tampak realistis.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U19 ketika melawan Timnas Laos U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19
Foto: Antara/Zabur Karuru
Timnas Indonesia U19 ketika melawan Timnas Laos U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap timnas Indonesia U-19 dapat menembus babak semifinal Piala AFC U-19 2018 demi tiket Piala Dunia U-20. Menpora mengatakan, target tersebut tampak realistis mengingat skuat timnas U-19 bermain di kandang sendiri. Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFC U-19 tahun ini. 

“Paling tidak saya berharap besar timnas U-19 ini dapat masuk ke empat besar dengan harapan bisa masuk ke Piala Dunia,” ujar dia saat mengunjungi pemusatan latihan timnas U-19 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (4/10).

Imam mengatakan, harapan agar timnas U-19 mentas di Piala Dunia U-20 bukan hanya datang darinya, melainkan juga seluruh rakyat Indonesia. Sebab, harapan berlaga di pentas dunia ini kerap gagal.

Baru-baru ini, timnas U-16 juga gagal menembus Piala Dunia U-17 lewat jalur semifinal Piala AFC U-16 2018. Timnas U-16 yang butuh satu kemenangan lagi harus mengakui Australia 2-3 pada laga perempat final.

“Saya berharap kegagalan timnas U-16 kemarin bisa kita bayar di Piala AFC U-19 ini. Sebagai tuan rumah, tentu kita harus tetap menjaga semangat pemain (U-19) untuk itu,” sambung Imam.

Bagi pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri, harapan timnya agar bisa mencapai babak semifinal tentunya tak mudah. Akan tetapi, bukan tak mungkin bisa dicapai. Sejak Rabu (3/10), para pemainnya sudah bersiap diri melanjutkan pemusatan latihan untuk menghadapi Piala AFC U-19. Ajang ini akan dimulai pada 18 Oktober mendatang. 

“Kemarin kami mencoba gim internal. Hari ini, kami latihan untuk mencari strategi baru yang pas,” ujar Indra. Pada sesi pemusatan latihan kali ini, Indra mengantongi sebanyak 26 pemain. Masih ada beberapa pemain yang belum bergabung lantaran masih mengikuti kompetisi di timnya. Salah satunya Egy Maulana Vikry yang saat ini bermain bersama Lechia Gdansk di Polandia.

Sesi pemusatan latihan kali ini akan berakhir dengan dua kali laga uji coba. Pada Selasa (9/10) timnas U-19 akan beruji tanding melawan Arab Saudi U-19, dan Sabtu (13/10), giliran Yordania U-19 yang akan menantang Garuda U-19. Dua laga uji coba tersebut akan berlangsung di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Pada Piala AFC U-19, akan ada 16 peserta yang ikut. Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Cina Taipei. PSSI menyediakan tiga stadion untuk Piala AFC U-19, yakni Gelora Bung Karno (GBK), Pakansari, dan Patriot Candrabhaga. Babak semifinal dan final bakal digelar di Pakansari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement