Senin 08 Oct 2018 08:35 WIB

Mourinho Akhirnya Bisa Bernapas Lega

Rafael Benitez kecewa timnya gagal mengalahkan MU setelah unggul 2-0.

Manager MU Jose Mourinho dan manager Newcastle United Rafa Benitez mengatur pemainnya  pada pertandingan Liga Primer Inggris antra Manchester United melawan Newcastle United di stadion, Old Trafford, Sabtu (6/10) waktu setempat.
Foto: Nigel Roddis/EPA EFE
Manager MU Jose Mourinho dan manager Newcastle United Rafa Benitez mengatur pemainnya pada pertandingan Liga Primer Inggris antra Manchester United melawan Newcastle United di stadion, Old Trafford, Sabtu (6/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID Oleh: Frederikus Bata

Pelatih Manchester United Jose Mourinho sejenak bisa bernapas lega. Ini mengingat Iblis Merah lolos dari kekalahan dan membungkus kemenangan 3-2 dari Newcastle United pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris musim ini.

Duel dramatis yang berlangsung di Old Trafford pada Ahad (7/10) dini hari WIB itu menjadi catatan tersendiri bagi Mourinho. Pelatih asal Portugal itu sedang menjadi sorotan karena belum maksimal mendongkrak performa MU musim 2018/2019 ini.

Mourinho sempat dikaitkan dengan kabar pemecatan sebelum laga melawan Newcastle. Rentetan hasil buruk dan hubungan kurang harmonis dengan pemain, membuat Mourinho santer dikabarkan dipecat.

MU membungkus kemenangan dramatis di Theater of Dreams karena sepanjang 45 menit awal tertinggal 0-2. MU berupaya membalikkan keadaan seusai jeda. Namun, kerja keras tim asuhan Mourinho itu baru berbuah hasil pada separuh akhir laga. Momen kemenangan Iblis Merah bahkan tercipta pada pengujung pertandingan. Adalah Alexis Sanchez yang menjadi pahlawan kemenangan MU.

"Saya benar-benar bersyukur. Kebahagian ini bukan untuk diri saya sendiri, tapi untuk penggemar dan para pemain," kata Mourinho seperti dikutip dari FourFourTwo.

Mourinho mengakui, tim asuhannya memulai laga di bawah tekanan dan panik. Newcastle sempat membuat lini belakang timnya kocar-kacir. Ia menilai, beberapa pemainnya kesulitan mengatasi tekanan yang dialamatkan kepada mereka dalam beberapa pekan terakhir. Namun, Mourinho puas pada akhirnya pasukannya mampu memberikan respons terbaik, yakni kemenangan.

Kemenangan ini sangat penting di tengah rentetan hasil negatif MU. Sebelumnya, klub pemilik Stadion Old Trafford itu belum mendulang tiga poin dalam empat laga terakhir di berbagai kompetisi.

Mourinho pun mengcungkan jempol melihat usaha anak-anak asuhannya melawan Newcastle. "Kami memulai babak kedua dengan semangat yang berbeda. Kami memberikan segalanya," ujar mantan pelatih Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, dan FC Porto itu.

Mourinho tak lupa menyoroti aksi Sanchez yang mampu menyelamatkan wajah Iblis Merah di kandangnya sendiri. Dia mengatakan, Sanchez telah berlatih keras dalam beberapa bulan belakangan ini.

Musim ini Sanchez memang sangat jarang diturunkan di tim inti Iblis Merah. Dari delapan pekan Liga Primer Inggris 2018/2019, mantan pemain Barcelona dan Arsenal itu baru tampil enam laga.

Mou mengaku senang dengan keberhasilan Sanchez mengakhiri paceklik golnya di Liga Primer Inggris musim ini. Turun dari bangku cadangan dan menjadi pahlawan kemenangan, menurut Mourinho, akan mendongkrak rasa percaya diri pemain. 

"Tidak mudah bagi pemain cadangan masuk lapangan dengan kondisi tim sedang tertinggal. Tapi, Sanchez mengatasi semuanya dengan baik," ujar Mourinho.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement