Senin 08 Oct 2018 19:54 WIB

Ayah Khabib: McGregor Hina Keluarga, Nilai, dan Agama Kami

Abdulmanap tidak bisa menyalahkan Khabib sepenuhnya.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.
Foto: John Locher/AP
Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerangan petarung UFC Khabib Nurmagomedov terhadap Dillon Danis--pelatih dari lawannya Colin McGregor--menjadi buah bibir. Tiga orang dari kubu Khabib bahkan sempat ditahan atas perkelahian massal itu, sebelum akhirnya dilepaskan pada Ahad (7/10).

Ayah sekaligus pelatih Khabib, Abdulmanap, menyayangkan perilaku anaknya. Sebab, aksi Khabib bisa saja membahayakan anak-anak, wanita, atau pun orang-orang disekitarnya. Sebelumnya ia juga sudah memperingatkan Khabib bahwa Oktagon, arena duel dua petarung, seharusnya tempat yang damai dari kerusuhan. Namun, Abdulmanap tidak bisa menyalahkan Khabib sepenuhnya.

“Dia (McGregor) menghina keluarga, nilai-nilai, dan agama kami,” kata Abdulmanap, dikutip dari Daily Star, Senin (8/10).

Baca juga: Khabib, Petarung UFC yang tak Rela Agamanya Diolok-olok

Khabib yang mampu mempertahankan gelar kelas ringannya, sudah menjelaskan alasannya melakukan hal itu. Ia juga sudah meminta maaf karena lepas kendali. Tetapi, Khabib tetap mengecam komentar McGregor tentang ayah, negara, dan agama Islam yang dianutnya. 

Abdulmanap menyalahkan pelatih McGregor yang telah memprovokasi Khabib. “Seorang pelatih dari tim McGregor secara konstan memposting foto Khabib dengan anggur, meminum, dan menuangkannya. Dia menaruh Khabib di posisi ini,” katanya.

Khabib sudah diberi pesan oleh sang ayah untuk menghindari perselisihan dengan kubu McGregor dan hanya fokus pada lawannya. Namun ketika berhasil menundukkan pria Irlandia itu, Khabib tak sengaja melihat ke arah pelatih McGregor yang mulai menghinanya. Terjadilah insiden tersebut.

Baca juga: Khabib ke McGregor di Oktagon: Mari Kita Bicara Sekarang!

Menurut Abdulmanap, itu benar-benar keterlaluan. Ia mengatakan, setelah berbicara sampah sebelum pertarungan, pada akhirnya pun kubu lawan tetap berbuat serupa.

Meskipun begitu, Abdulmanap berjanji akan memberi putranya pelajaran. Sebab, Khabib tidak mengindahkan peringatan darinya untuk tidak berbuat rusuh. 

"Saya akan sangat keras dalam hal ini. Saya memperingatkan dia. Bagi saya, kedisiplinan adalah yang utama.” Kata Abdulmanap kepada Ren TV.

Komentar Abdulmanap ini sesuai dengan perkataan Khabib. Dalam konferensi pers usai pertarungan, ia sempat mengatakan bahwa ayahnya akan 'menghancurkannya'. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement