Senin 08 Oct 2018 20:16 WIB

Usai Pecahkan Rekor Asia, Rica Bidik Paralimpiade Tokyo

Ia melompat sejauh 5,25 meter untuk memecahkan rekor Asia atas nama atlet Malaysia.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Atlet Indonesia  Rika Oktavia  berfoto usai menerima medali emas para-atletik putri T20 nomor lompat jauh Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bungkarno, Jakarta, Senin (8/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Atlet Indonesia Rika Oktavia berfoto usai menerima medali emas para-atletik putri T20 nomor lompat jauh Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bungkarno, Jakarta, Senin (8/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih medali emas para atletik nomor jauh Asian Para Games 2018 Rica Oktavia menargetkan bisa tampil di ajang Paralimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Rica hari ini baru saja meraih medali emas di ajang lompat jauh nomor putri kategori T20.

"Saya ingin tampil di Olimpiade 2020 Tokyo," kata Rica, Senin (8/10).

Pencapaian Rica hari ini di lintasan atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta juga patut di acungi jempol. Ia membuat lompatan sejauh 5,25 meter. Ia memecahkan rekor Asia yang sebelumnya dicatatkan atlet lompat jauh para atletik Malaysia Siti Noor Radiah Ismail dengan catatan 5,20 meter di Paralimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil.

Pada Asian Para Games 2018 ini, Siti Noor Radiah meraih perak dengan lompatan sejauh 5,18 meter. Medali perunggu di nomor ini direbut oleh atlet Jepang Sakai Sonomi dengan capaian lompatan 5,02 meter. "Alhamdulillah bisa melewati rekor Asia. Saya senang bisa mencapai target medali emas," ujar Rica.

Rica pun berhak atas hadiah sebesar Rp 1,5 miliar dari pemerintah atas medali emas yang ia menangkan di Asian Para Games 2018. Ia ingin menggunakan uang tersebut untuk biaya naik haji kedua orang tuannya.

Di Asian Para Games ini, Rica tampil di dua nomor. Selain lompat jauh T20 putri, ia juga berkompetisi di tolak peluru F20 putri. Namun, di tolak peluru F20 itu, ia tidak berhasil meraih medali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement