Selasa 09 Oct 2018 15:14 WIB

Bima Sakti: Indonesia Siap Lawan Myanmar

Ia menilai gaya permainan Myanmar cepat dan didominasi oleh pemain usia 23 tahun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Bima Sakti Tukiman
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bima Sakti Tukiman

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Tim Nasional (timnas) Indonesia siap menghadapi Myanmar dalam laga uji coba internasional (FIFA Match Day) pada Rabu (10/10). Pelatih sementara timnas Indonesia, Bima Sakti, telah memimpin latihan perdana pada Senin (8/10) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Bima yang saat ini sudah bebas dari sanksi AFC siap kembali mendampingi timnas Indonesia. Konfederasi Sepak Bola Asia hanya menghukum Bima satu kali pertandingan. Mantan pemain timnas Indonesia era 2000-an ini sudah absen saat Indonesia melakukan uji coba internasional melawan Mauritius.

''Kondisi semua pemain bagus dan kami rasa sudah siap melawan Myanmar,'' kata Bima dikutip dari website resmi PSSI, Selasa (9/10).

Bima mengatakan, latihan perdana telah diikuti oleh 19 pemain dengan menu latihan penguasaan bola, game, dan transisi dari bertahan ke menyerang. Ia juga mengaku sudah memantau kekuatan Myanmar lewat video.

Dari pantauan tersebut, Bima menilai gaya permainan Myanmar cepat dan didominasi oleh pemain usia 23 tahun yang berlaga di Asian Games 2018 lalu. ''Dalam laga uji coba ini kami juga memberikan kesempatan kepada pemain-pemain yang belum dipanggil pada uji coba sebelumnya,'' jelas dia.

Sementara, salah satu debutan pada pemanggilan timnas Indonesia kali ini Alfath Fathier mengaku sangat bahagia bisa melakoni latihan perdana dengan skuat Garuda. Ia pun ingin tampil maksimal membela negara. Menurutnya, setiap pemain bola ingin sekali dipanggil untuk bermain membela negaranya. ''Jadi dalam debut nanti saya akan memberikan penampilan yang terbaik untuk Indonesia,'' jelas dia.

Pemain yang berasal dari klub Madura United itu mengaku sedikit grogi dalam latihan. Namun itu bisa diatasinya dengan berkomunkasi bersama pemain lain. Selain Alfath, satu nama baru lain yang dipanggil oleh pelatih Bima Sakti adalah Esteban Viscarra yang notabene pemain naturalisasi dari Argentina asal klub Sriwijaya FC.

Usai menghadapi Myanmyar, Indonesia juga akan melakoni laga uji coba dengan melawan Hong Kong pada 16 Oktober 2018 di tempat yang sama. Pada uji coba internasional sebelumnya, 11 September lalu, Indonesia menang tipis 1-0 atas Mauritius.

Bagi skuat Garuda ajang uji coba ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF yang akan berlangsung 8 November hingga 19 Desember mendatang. Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement