Rabu 10 Oct 2018 11:23 WIB

Bernardeschi Perankan False Nine Saat Italia Hadapi Ukraina

Dari empat pertandingan terakhir Italia menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Federico Bernardeschi
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Federico Bernardeschi

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Pelatih timnas Italia Roberto Mancini diprediksi akan menggunakan false nine pada pertandingan uji coba melawan Ukraina di Stadion Luigi de Ferraris, Kamis (11/10) dini hari WIB. Peran sebagai false nine tersebut akan dimainkan Federico Bernardeschi.

Sejak tongkat kekuasaan Gli Azzurri berpindah dari Giampiero Ventura ke Roberto Mancini, timnas Italia sama sekali belum memberikan sentuhan terbaiknya. Dari empat pertandingan terakhir Italia menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang.

Mendapati hasil tersebut, Mancini pun berargumen bahwa publik perlu kesabaran lebih untuk melihat performa Italia seperti sediakala. Pasalnya, Gli Azzurri baru saja melewati situasi kacau setelah gagal mentas di Piala Dunia 2018 Rusia.

Jelang bentrokan lawan Ukraina dini hari nanti Mancini bakal menggunakan skema 4-3-3 dengan meletakkan false nine ditemani dua penyerang sayap. Keputusan menggunakan peran false nine pun diambil lantaran beberapa penyerang depan mereka tampil melempem. Salah satu contonhnya, Ciro Immobile yang mentereng bersama SS Lazio di kompetisi domestik namun kerap kesulitan saat bermain untuk timnas. Hal itu yang jadi alasan mendasar Mancio, sapaan akrab Mancini, untuk menggunakan penyerang palsu.

Dikutip dari Football Italia, Rabu (10/10), Bernardeschi akan diberikan tugas untuk menciptakan ruang dan peluang untuk membantu Italia memenangkan pertandingan. Ini demi memberikan motivasi sebelum bertemu Polandia pada lanjutan pertandingan Liga Bangsa-Bangsa (UEFA Nations League).

Bernardeschi bakal diapit oleh dua winger cepat yakni Lorenzo Insigne di sisi kiri dan Federico Chiesa di sebelah kanan. Sedangkan lini tengah kembali diisi Jorginho, Marco Verratti, serta gelandang muda yang tengah naik daun milik Cagliari, Nicolo Barella.

Untuk ful bek, Alessandro Florenzi serta Cristiano Biraghi jadi pilihan terdepan untuk mendampingi duet di jantung pertahanan, yakni Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Di bawah mistar, ada kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma.

Berikut susunan pemain Italia (4-3-3)

Donnarumma; Florenzi, Bonucci, Chiellini, Biraghi; Verratti, Jorginho, Barella; Chiesa, Bernardeschi, Insigne

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement