Sabtu 13 Oct 2018 11:01 WIB

Vettel Putus Asa Menahan Laju Juara Hamilton

Sebastian Vettel diminta Lewis Hamilton untuk terus berjuang sampai akhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Didi Purwadi
Sebastian Vettel
Foto: EPA-EFE/Franck Robichon
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, SUZUKA -- Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menyadari bahwa dia hampir tidak mungkin mengejar pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang sedikit lagi akan mengunci gelar juara F1 2018. Padahal, Vettel pekan lalu masih optimistis dapat menyalip Hamilton meskipun peluangnya tak besar.

''Jika ini terjadi, (juara) jatuh ke pangkuan orang lain, kami akan terus memberikan segalanya,'' ucap Vettel berbicara peluangnya menyalip Hamilton seperti dikutip dari website resmi Formula 1.

Hasil buruk di Suzuka pada pekan lalu memang membuat semangat Vettel untuk menjuarai Formula 1 kelima kalinya. Dalam balapan tersebut, Hamilton diuntungkan oleh kesalahan Vettel yang hanya finis di perigkat keenam dan harus puas membawa pulang 8 poin dari Jepang.

Sementara, Hamilton semakin dekat dengan gelar juara Formula 1 kelimanya usai memenangkan GP Suzuka pada Ahad (7/10). Dengan kemenangan tersebut, jarak pembalap Mercedes tersebut semakin lebar menjadi 67 poin. Hamilton telah mengoleksi 331 poin, sementara Vettel telah mendapatkan 264 poin.

Dengan 100 poin di empat seri tersisa, Hamilton bisa langsung mengunci gelar juara jika mampu memenangkan GP Austin pekan depan. Hamilton telah memenangkan enam kali balapan di Circuit the Americas, Texas, Amerika Serikat tersebut.

Vettel menyalahkan Max Verstappen atas hasil buruk di balapan seri GP Suzuka pada pekan lalu. Vettel dan Verstappen mengalami tabrakan yang membuat mobil Ferrari tunggangan Vettel mengalami rusak parah dan berputar ke luar jalur.

Vettel mengaku tidak menyesal atas insiden tersebut. Namun, ia menyayangkan karena ia saat itu sedang memiliki kecepatan terbaik dan mampu menyalip pembalap lain. ''Namun dia (Verstappen) tidak memberi saya ruang dan kami bersenggolan,'' ungkapnya.

Akibatnya, Vettel hanya finis di peringkat keenam dan membuat peluangnya menyalip Hamilton hampir pupus. Bahkan, usai balapan, Vettel melalui radio tim, meminta maaf atas hasil yang diraihnya tersebut.

Namun menariknya, pembalap berusia 31 tahun itu diminta Hamilton untuk terus berjuang sampai akhir. ''Lewis mengatakan,'saya tidak ingin ini berakhir','' ungkap Vettel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement