Sabtu 13 Oct 2018 11:33 WIB

Persib Jaga Kondisi Selama Nomaden

Sudah menjadi tugas jajaran pelatih untuk menjaga performa pemain Persib.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez bersama para pemain Persib saat latihan di Lapangan Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (14/5) sore.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez bersama para pemain Persib saat latihan di Lapangan Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (14/5) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan berpindah-pindah selama kompetisi Liga 1 bergulir di bulan Oktober. Untuk laga kandang usiran saja, Persib harus menggunakan Stadion Batakan di Balikpapan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Apalagi, Persib menghadapi laga tandang di bagian timur Indonesia. Yakni melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, dan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Pelatih fisik Persib Yaya Sunarya mengakui sudah menjadi tugas jajaran pelatih untuk menjaga performa Persib. Apalagi, di saat Persib harus berpindah-pindah tempat setiap pekannya.

"Ya kalau perbedaan, dari menu latihannya tetap sama, hanya yang jadi menu latihan itu bagaimana ketika kami melakoni laga di setiap pekan dengan melihat jarak," ujar Yaya saat dihubungi, Sabtu (13/10).

Setidaknya, Persib harus dapat mengefesiensikan waktu dan jarak. "Misalnya kenapa kita ingin melawan Persipura dan Persebaya di sini karena bisa memanfaatkan situasi istirahat," jelasnya.

Namun sayangnya Persib tidak bisa menggunakan Stadion Mandala untuk menjamu Persebaya. Sehingga, jajaran pelatih harus mencari strategi lain untuk menjaga kondisi pemain. "Kalau pun tidak bisa, kami harus mencari jarak tempuh dari Persipura nanti melawan Persebaya. Itu yang paling penting," jelasnya.

Persib membutuhkan poin untuk mempertahankan posisi puncak yang didapatkan sejak paruh musim lalu. Dengan adanya sanksi ini, Yaya berharap skuat Maung Bandung tetap memiliki penampilan terbaiknya. "Kami harus menjaga performance kami, di antaranya ya dengan memperhitungkan jarak itu," jelas dia.

Persib saat ini berada di puncak klasemen dengan raihan 44 poin. Skuat asuhan Mario Gomez bersaing ketat dengan posisi di bawahnya, PSM Makassar dengan 41 poin.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement