Ahad 14 Oct 2018 08:09 WIB

Koeman Bangga Belanda Permalukan Jerman

Koeman mendapatkan tugas membangun kembali kejayaan Belanda.

Pelatih Belanda Ronald Koeman (kanan) memeluk pelatih Jerman Joachim Loew.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Pelatih Belanda Ronald Koeman (kanan) memeluk pelatih Jerman Joachim Loew.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih Belanda Ronald Koeman bangga timnya mengalahkan Jerman dengan skor 3-0. Dari 10 kemenangan sebelumnya atas Jerman dalam berbagai ajang, Oranje belum pernah unggul dengan skor besar itu. Kemenangan itu tercipta di Amsterdam Arena dalam pertandingan Grup 1 Liga A Liga Bangsa-Bangsa, Ahad (14/10) dini hari WIB.

"Tentu saja saya bangga. Ini hasil fantastis yang sudah kami tunggu-tunggu sejak lama," kata Koeman.

Koeman mendapatkan tugas membangun kembali kejayaan Belanda setelah gagal lolos ke Piala Eropa dan Piala Dunia terakhir. Satu-satunya trofi utama negara ini adalah Piala Eropa 1988. Belanda telah mencapai tiga final Piala Dunia dan tak pernah juara. Koeman ingin Oranje yang tengah terpuruk bisa segera bangkit untuk mencapai prestasi seperti masa lalu.

"Kami harus melihat momen yang bisa kami lakukan lebih baik," kata Koeman yang menurunkan dua debutan sebaga starter pada laga ini.

Kapten Virgil van Dijk mencetak gol internasional keduanya pada setengah jam laga. Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum kemudian mencetak gol untuk kemenangan bersejarah ini.

Hasil ini menempatkan Belanda di posisi kedua Grup 1 dengan nilai tiga, tertinggal satu angka dari pemuncak klasemen Prancis. Jerman menduduki posisi buncit dengan nilai satu. Persaingan grup ini ketat. Jerman wajib menang atas Prancis pada Rabu (17/10) jika ingin menjaga peluang lolos.

Pertunjukan oleh tim muda Belanda dinilai Koeman memberikan harapan bagi para penggemar untuk masa depan. "Lihatlah dalam lima tahun ke depan. Saya pikir Anda akan melihat tim yang jauh lebih baik," janjinya.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement