Rabu 17 Oct 2018 19:33 WIB

Daniel Wenas Cemerlang, Bogor Siliwangi Raih Kemenangan

Kemenangan atas NSH Jakarta jadi raihan positif pertama Siliwangi di IBL

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Christian Ronaldo Sitepu duel mengambil bola dengan Pepasket Siliwangi Bandung Donnavan Anthon Hastings pada Pertandingan PERBASI Cup 2017 di Britama Sport Hall, Jakarta, Selasa (7/11).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Christian Ronaldo Sitepu duel mengambil bola dengan Pepasket Siliwangi Bandung Donnavan Anthon Hastings pada Pertandingan PERBASI Cup 2017 di Britama Sport Hall, Jakarta, Selasa (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bogor Siliwangi akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana di Indonesia Basketball League (IBL). Setelah musim lalu tanpa sekalipun mencetak kemenangan, dalam ajang IBL Gojek Tournament 2018, Rabu (17/10) di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Bogor Siliwangi berhasil memetik kemenangan 68-62 dari Satya wacana Salatiga.

Dua pemain Siliwangi, Daniel Wenas dan Fadlan Minallah tampil baik dengan mencetak double-double. Daniel Wenas menyumbang 18 poin dan 13 rebound, sedangkan Fadlan mencetak 12 poin dan 11 rebound.

Selain mereka berdua, Siliwangi mendapatkan sumbangan poin banyak dari Muhammad Yugie dengan 17 poin dan Fisyaiful Amir yang mencetak 10 poin.

Kemenangan Siliwangi sudah terlihat sejak babak pertama. Mereka dengan nyaman menguasai permainan.

Saat jeda pertandingan, Siliwangi sudah unggul 13 poin, 35-22. Namun, Satya Wacana mendapatkan angin segar ketika menerapkan stategi full court press. Banyak kesalahan Siliwangi yang bisa dimanfaatkan menjadi poin. 

(baca juga: Pelatih Taiwan Setahun Pantau Permainan Timnas Indonesia)

Pertahanan Siliwangi tidak mampu menahan gempuran Andre Adriano. Khususnya menghalau tembakan tiga angka.

Di sisa satu menit kuarter keempat, Andre membuat Satya Wacana hanya terpaut dua poin, 62-64, lewat three point jump shot. Sayangnya saat mendapatkan kesempatan menyerang, justru David Nuban melakukan turnover yang berakibat fatal.

M. Yugie yang menerima asisst dari Fadlan, bisa mencetak dua poin sekaligus memastikan Siliwangi mengunci kemenangan.

"Di kuarter satu dan dua, kami bermain sesuai game plan. Itu sangat bagus, karena kami bisa unggul. Kalau di kuarter ketiga, mereka panik, jadi lawan bisa mengejar," ujar Ali Budimansyah, pelatih Siliwangi.

Ali yang merupakan mantan pemain tim nasional ini menjelaskan di kuarter keempat faktor fisik mempengaruhi permainan tim.

"Tapi kami bisa mempertahankan performa hingga akhir," komentar Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement