Kamis 18 Oct 2018 07:51 WIB

Piala AFC U-19 Perkuat Hubungan Indonesia-Australia

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang mengajarkan nilai kebersamaan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Israr Itah
Gary Quinlan, Dubes Australia untuk Indonesia
Foto: Republika/Idealisa Masyrafina
Gary Quinlan, Dubes Australia untuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menilai, ajang Piala AFC U-19 bisa mempererat hubungan antara Indonesia dan Australia. Menurut dia, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang  mengajarkan nilai kebersamaan.

Karena itu, ia yakin, kedatangan timnas Australia U-19 ke Indonesia dapat membantu memperkuat hubungan antara warga Australia dan Indonesia. "Nilai-nilai kebersamaan, kompetisi, kerja sama tim, dan permainan yang adil yang kita lihat dalam olahraga membantu menyatukan masyarakat, terutama kawula muda," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (17/10).

Selama berada di Indonesia, selain berlaga di Piala AFC U-19, timnas Australia U-19 akan menggelar klinik pelatihan bagi para pelajar Indonesia. Para pelajar dipilih dari sekolah-sekolah yang merupakan bagian dari Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia.

Quinlan mengatakan, klinik pelatihan itu dimaksudkan untuk membangun kerja sama yang terus berkembang antara Federasi Sepak Bola Australia dan PSSI. Selain itu, kerja sama juga dilakukan melalui proyek trilateral Indonesia-Australia-Jerman untuk mendukung pengembangan pelatih di tingkat akar rumput.

Ia juga mengapresiasi sejumlah pesepak bola Australia juga telah bermain di klub-klub sepak bola Indonesia. Salah satunya adalah Bruce Djite yang pernah merumput di PSM Makassar.

Timnas Australia U-19 yang diisi oleh 23 pemain itu akan memulai laga mereka melawan Korea Selatan pada 19 Oktober. Setelah itu, Socceroos Muda akan menghadapi Vietnam (22 Oktober) dan Yordania (25 Oktober). Empat tim yang masuk semifinal Kejuaraan AFC U-19 akan lolos ke Piala Dunia U-20 2019 yang akan diselenggarakan di Polandia.

Quinlan yakin, Indonesia sebagai tuan rumah AFC U-19 dapat menyambut tamunya dengan baik. "Tahun 2018 telah menjadi tahun olahraga besar bagi Indonesia. Kami mengucapkan selamat kepada Indonesia atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games, dan sekarang, Kejuaraan AFC U-19," kata dia.

Lihat jadwal timnas U-19 di Piala AFC U-19:

photo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement