Kamis 18 Oct 2018 21:36 WIB

Tour de Linggarjati, Peserta Diajak Melintasi Keindahan Alam

Tour de Linggarjati mengangkat tema Lintasi Alam, Kenali Budaya, Cintai Sejarah

Sejumlah pebalap adu cepat pada etape terakhir Tour de Linggarjati 2016 di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (30/10).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Sejumlah pebalap adu cepat pada etape terakhir Tour de Linggarjati 2016 di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Lomba balap sepeda Tour De Linggarjati akan kembali digelar pada 26 hingga 28 Oktober 2018 mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, temasuk melapisi jalan sehingga menjadi mulus dan aman untuk dilalui sepeda berkecepatan tinggi.

Ketua Panitia Tour De Linggarjati, Agus Sadeli, mengatakan, secara umum Kabupaten Kuningan siap menjamu para atlet sepeda dari berbagai klub di Indonesia dan mancanegara.

"Rute yang akan dilalui juga sudah hampir seluruhnya diperbaiki, sehingga jalan yang dilalui menjadi mulus dan aman untuk dilalui sepeda dengan kecepatan tinggi" ujar Agus Sadeli, Kamis (18/10).

Tour De Linggarjati 2018 yang juga didukung Kementerian Pariwisata akan berlangsung selama tiga hari. Dimulai dari pelaksanaan kirab pada Jumat (26/10) yang akan diikuti para atlet, ofisial, panitia, pejabat daerah dan masyarakat umum. Kirab akan berlangsung sepanjang 16,2 kilometer yang dimulai dari Depan Pendopo Kuningan dan finish di Lapangan Sepak Bola Desa Purwasari Garawangi.

Di hari yang sama juga akan dilangsungkan lomba untuk kategori "Individual Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh 9,8 kilometer.

Kemudian di hari kedua akan digelar Individual Road Race (IRR) yang terdiri dari tiga kategori putra dan putri. Yakni IRR Youth dengan jarak tempuh 43,1 kilometer, IRR Junior dengan jarak tempuh 65,3 kilometer dan IRR Men Elite dengan jarak tempuh 119,7 kilometer.

Sementara di hari terakhir, Ahad (28/10) akan digelar nomor Criterium dengan jarak tempuh 3 kilometer.

Sebagai pendukung kegiatan juga telah disiapkan berbagai acara seperti UMKM Fair yang akan menampilkan produk unggulan daerah. Tak hanya itu, para penggemar hobby fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour De Linggarjati.

Dan bagi masyarakat juga dapat mengikuti Lomba Funbike pada Ahad dengan titik start dan finish di Pandapa Paramarta.

"Untuk menyambut para atlet dan official juga akan digelar tampilan seni tradisonal khas Kuningan," kata Agus Sadeli yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Ia berharap dukungan dari masyarakat Kuningan untuk pelaksanaan lomba. Masyarakat dapat menerima dengan baik dan ramah para atlet dan official yang datang ke Kuningan. 

"Salah satu tujuan dilaksanakannya Tour de Linggarjati ini selain mencari bibit potensial atlet sepeda, juga mendukung promosi pariwisata Kabupaten Kuningan," ujarnya.

Sementara Bupati Kuningan Acep Purnama mengharapkan Tour de Linggarjati dapat lebih mengenalkan Kabupaten Kuningan di dunia global. 

"Kuningan memiliki banyak potensi pariwisata yang belum diketahui khalayak ramai. Dengan tagline 'Lintasi Alam, Kenali Budaya, Cintai Sejarah', saya kira sangat cocok dengan tujuan kegiatan ini," ujar Acep Purnama.

Para atlet akan diajak melintasi alam Kuningan yang indah, dikenalkan juga dengan tampilan budaya daerah.

"Serta mengingatkan kembali bahwa Linggarjati adalah saksi sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement