Jumat 19 Oct 2018 09:47 WIB

Sergio Perez Tetap Bela Force India di Balap F1 Tahun Depan

Force India belum mengumumkan pendamping Perez.

Pembalap Force India, Sergio Perez
Foto: REUTERS/Edgar Su
Pembalap Force India, Sergio Perez

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Pembalap asal Meksiko Sergio Perez akan melanjutkan membalap untuk tim Force India pada 2019. Ini diumumkan tim Formula Satu (F1) itu pada Kamis (18/10).

Force India belum mengumumkan pendamping Perez, tapi kemungkinan besar pembalap asal Kanada Lance Stroll. Ayah Stroll sekarang mengepalai konsorsium yang mengendalikan tim ini. Perpanjangan kontrak Perez juga berarti bahwa pembalap muda asal Prancis Esteban Ocon, rekan satu tim Perez musim ini, tidak akan masuk ke jajaran pembalap tahun depan.

Perez (28) memainkan peran penting di dalam peristiwa pengambilalihan kepemilikan tim Force India pada Agustus. Ia pernah mengatakan tidak terlalu mencemaskan masa depannya dan dia tahu ke mana akan membalap tahun depan.

Force India, sebelumnya dimiliki oleh Vijay Mallya, dinyatakan pailit pada Juli setelah Perez mengumumkan bahwa tim itu berutang 4,01 juta dolar AS. Kemudian Mercedes dan sponsor tim BWT juga mengumumkan bahwa Force India masih memiliki utang dalam jumlah yang tidak sedikit ke mereka. Tim yang kini dinamai Racing Point Force India untuk membedakan mereka dari nama sebelumnya Sahara Force India diharapkan akan mengganti nama lagi tahun depan.

"Saya sangat senang akhirnya bisa mengumumkan masa depan saya dan saya sangat termotivasi untuk 2019," kata Perez melalui pernyataan resmi tim menjelang balapan Grand Prix AS.

"Force India telah menjadi rumah saya sejak 2014 dan telah memungkinkan saya berkembang sebagai seorang pebalap dan menunjukkan kemampuan saya di trek." 

Pembalap asal Meksiko itu bergabung dengan Force India setelah mengalami satu tahun yang sulit bersama McLaren dan dua musim dengan Sauber. Dia mengantongi lima finis podium dengan Force India termasuk finis ketiga di Azerbaijan pada April lalu. 

Kepala Tim Foce India Otmar Szafnauer mengatakan bahwa Perez telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pebalap bertalenta dan konsisten di Formula 1.

"Dia telah memberi kami stabilitas yang penting untuk terus maju dan dia adalah aset besar bagi tim ini," Kata Szafnauer.

Kesempatan Ocon untuk membalap di Formula One musim depan bergantung kepada William, tim yang memperkerjakan Stroll saat ini. Sejauh ini, Willaim baru mengonfirmasi bergabungnya pembalap Formula Dua George Russel.

Seperti Russel, Ocon, juga memiliki kontrak jangka panjang dengan Mercedes, yang mendidik talenta muda itu untuk menjadi ppembalap masa depan tim juara bertahan itu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement