Sabtu 20 Oct 2018 14:10 WIB

Alasan Essien Belum Mau Pensiun

Essien akan menerima kalau ada kesempatan bermain lagi.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Michael Essien (kanan) saat masih memperkuat Persib Bandung tahun lalu.
Foto: Republika/Edi Yusuf
[Ilustrasi] Michael Essien (kanan) saat masih memperkuat Persib Bandung tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain Chelsea dan Persib Bandung Michael Essien belum mau mengumumkan gantung sepatu sebagai pemain profesional. Essien mengatakan alasannya ia belum bisa pensiun karena belum mendapatkan gambaran pasti apa yang akan ia lakukan begitu gantung sepatu. 

Essien tidak memiliki klub sejak meninggalkan Persib sejak awal 2018 ini. Sementara, rekan-rekan Essien saat masih berjaya di Chelsea rata-rata sudah pensiun seperti Frank Lampard dan yang terbaru John Terry. 

"Saya menyukai sepak bola. Itu yang bisa saya lakukan. Setelah pensiun, lalu apa yang akan saya lakukan? saya tidak tahu," kata Essien, dikutip dari Football Ghana, Sabtu (20/10).

Essien mulai belajar di akademi sepak bola Liberty Professionals di Ghana 1998. Bakatnya kemudian diendus klub Prancis Bastia pada 2000. 

Semakin berkembang di Bastia, Essien direkrut Olimpique Lyon tiga tahun kemudian. Hanya dua tahun di Lyon, Essien diboyong Jose Mourinho ke Chelsea sampai sembilan tahun bermain untuk The Blues. 

Setelah itu Essien sempat pindah ke Real Madrid, AC Milan, Panathinaikos, dan terakhir membela klub Indonesia Persib Bandung di Liga 1 2017. Harusnya, Essien masih main di Liga 1 untuk Persib tahun ini. 

Akan tetapi, kedua belah pihak sepakat mengakhiri kerja sama karena masalah besaran gaji Essien dan kondisi fisik Si Bison yang kian menurun. Namun, cinta Essien terhadap si kulit bundar tidak pernah pudar. 

Semakin kian menua, Essien semakin menikmati permainan sepak bola. Ia ingin bisa kembali bermain di manapun ada tawaran yang cocok. 

"Kalau ada kesempatan main lagi, saya akan terima," ujar Essien. 

Essien merupakan legenda sepak bola Ghana. Ia punya catatan prestasi sangat hebat di masanya. Essien pernah memenangkan dua trofi Ligue 1, dua Piala Prancis, dua Liga Primer Inggris, empat Piala FA, satu Piala Liga, satu FA Community Shield dan satu Liga Champions. 

Untuk negaranya Essien pernah tampil sebanyak 58 laga dan mencetak sembilan gol. Termasuk pada Piala Dunia 2006 dan 2010. Namun, Essien sudah mengumumkan pensiun dari timnas Ghana sejak Juli 2018. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement