Sabtu 20 Oct 2018 20:28 WIB

Real Madrid Dipermalukan Levante 1-2 di Bernabeu

Los Blancos sudah mencatatkan 3 kali kekalahan dari 9 laga di La Liga musim ini.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Tatapan kosong pelatih Real Madrid Julen Lopetegui usai timnya menelan kekalahan lagi.
Foto: EPA/Rodrigo Jimenez
Tatapan kosong pelatih Real Madrid Julen Lopetegui usai timnya menelan kekalahan lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid dipermalukan Levante di kandangnya sendiri. Laga kedua kesebelasan pada pekan kesembilan La Liga Spanyol 2018/2019 di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (20/10), berakhir dengan skor 2-1 untuk tim tamu.

Kekalahan dari the Granotes kali ini menambah catatan buruk bagi Madrid di kalender kompetisi musim ini. Los Blancos saat ini sudah mencatatkan tiga kali kekalahan di La Liga.

Di pekan kedelapan, skuat asuhan pelatih Julen Lopetegui juga kandas 0-1 saat tandang ke markas Deportivo Alaves. Sebelum itu, Madrid juga kalah telak 0-3 saat menghadapi Sevilla FC di Sanchez Pizjuan Stadium pada pekan keenam. Kekalahan dari Levante kali ini pun menambah catatan buruk Madrid yang dalam empat laga beruntun tak meraih kemenangan di semua level kompetisi.

Madrid kini baru mengemas 14 angka dari sembilan pertandingan, dengan catatan empat kemenangan, tiga kalah, dan dua kali imbang. Ini menjadi catatan awal musim yang buruk bagi skuat Los Blancos dalam 10 musim terakhir.

Saat menjamu Levante, para pemain Madrid sudah payah sejak awal meski mendominasi pertandingan dengan 69 persen penguasan bola. Namun justru para penggawa pelatih Paco Lopez mampu membuka keunggulan cepat.

Pada menit keenam, gawang tuan rumah yang dikawal kiper Thibaut Courtois sudah jebol oleh striker Jose Luis Morales. Bukannya membalas, pelanggaran yang terjadi di areal penalti membuat Real Madrid semakin sial menerima hukuman 12 pas. Eksekusi penalti yang dilakukan striker Roger Marti pada menit ke-13, membuat Madrid tertinggal 0-2.

Skor tersebut bertahan lama sampai babak pertama pungkas. Di babak kedua, pelatih Madrid Julen Lopetegui mencoba mengubah taktik. Satu pemain belakang, Alvaro Odriozola ia tarik keluar dengan memainkan Gareth Bale pada menit ke-46. Akan tetapi amunisi baru di lini serang tersebut belum mampu memperkecil skor tertinggal. Sampai menit ke-60, Lopetegui kembali menarik dua pemainnya sekaligus. Karem Benzema dan Deni Ceballos masuk menggantikan Isco dan Marco Asensio.

Atur ulang komposisi pemain Madrid membuahkan hasil. Tuan rumah membalas gol pada menit ke-72. Berawal dari umpan Benzema, pemain belakang Marcelo yang kerap membantu lini serang berhasil memanfaatkan peluang menjadi gol. Skor menjadi 1-2.

Levante bertahan total setelah gawang Oier Olazabal kebobolan satu gol. Madrid yang tertinggal satu gol bekerja keras membongkar lini pertahanan tim tamu. Menit ke-76, Benzema melepas sepakan akurat ke gawang Levante. Beruntung kiper Oier, bola membentur tiang gawang.

Skor 1-2 bertahan sampai menit ke-80. Sepuluh menit terakhir, para penggawa Madrid memburu skor imbang. Namun pertahanan masif Levante tampak sulit ditembus. Tambahan waktu empat menit pun tak mengubah kedudukan. Sampai peluit panjang tanda pertandingan bubar, Madrid harus mengakui keunggulan Levante 1-2.

Hasil positif dari Santigao Bernabeu kali ini menjadi kemenangan pertama Levante atas Madrid sejak 2007. Tiga angka dari Madrid kali ini pun mendongkrak Levante ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan mengemas 13 angka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement