Jumat 26 Oct 2018 08:36 WIB

Mengenal Witan Sulaeman, Wonderkid Timnas U-19

Pemain yang mengidolakan Lionel Messi ini berharap bisa berkarier di Eropa.

Gelandang sepak bola Indonesia Witan Sulaeman  berselebrasi usai memasukkan bola  ke gawang  Uni Emirat Arab yang dijaga Yousif Ali  dalam pertandingan Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta,  Rabu (24/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Gelandang sepak bola Indonesia Witan Sulaeman berselebrasi usai memasukkan bola ke gawang Uni Emirat Arab yang dijaga Yousif Ali dalam pertandingan Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Witan Sulaeman menjadi sosok pahlawan bagi tim nasional (timnas) Indonesia U-19 usai menang tipis 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Grup A Piala AFC (Asia) U-19 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (24/10) malam. Gol tunggalnya pada menit ke-22 mengantarkan Indonesia lolos ke perempat final ajang bergengsi junior tingkat Asia ini.

Sepanjang pertandingan, pemain asal Palu itu bermain konsisten dengan determinasi dan pergerakan yang luar biasa. Total tiga gol telah ditorehkan wonderkid asal SKO Ragunan di ajang Piala Asia U-19 ini.

"Alhamdulillah saya bisa mencetak gol dan membawa Indonesia ke babak delapan besar Piala AFC U-19 2018. Terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan luar biasa," kata Witan dilansir dari laman resmi PSSI, Jumat (26/10).

Pada laga perempat final, Indonesia akan melawan tim raksasa Asia, Jepang. Witan optimistis ia dan rekan-rekannya mampu mengalahkan skuat Negeri Matahari Terbit. "Karena dengan mengalahkan Jepang, kami akan ke semifinal sekaligus lolos ke Piala Dunia U-20 2019. Saya akui masih ada kekurangan pada diri saya ataupun tim, namun kami akan terus berupaya memperbaiki penampilan," ujar pemain yang masih berusia 17 tahun ini.

Witan mengambil keputusan untuk merantau ke Jakarta demi mengejar impiannya. Ia mengungkapkan, keputusan merantau diambil karena di daerah asalnya masih minim ajang untuk pesepak bola usia dini. "Di Palu dulu minim ajang untuk pesepak bola usia dini. Kalaupun ada, sifatnya hanya pertandingan antarkampung," kata dia.

Pemain yang murah senyum ini menilai, dengan merantau ke Jakarta, ia bisa lebih berkembang sebagai pemain muda karena banyak kompetisi. Bahkan, menurutnya, banyak anak Palu yang sudah memiliki bakat sebagai pesepak bola, namun kurang jam terbang. "Kalau di Jakarta, lebih banyak kompetisi yang diikuti. Begitu juga di Ragunan, malah bisa mengikuti turnamen internasional di luar negeri," ujarnya menambahkan.

Pemain yang mengidolakan Lionel Messi ini berharap bisa berkarier di Eropa. Tentu, ini dibutuhkan kerja keras, disiplin, dan semangat pantang menyerah. "Harapan saya tentu semoga bisa berkarier di Eropa, seperti halnya teman saya, Egy Maulana Vikri," ucapnya.

Witan membuat debut internasional bersama Indonesia U-19 pada 31 Mei 2017 dengan melawan timnas U-20 Brasil pada turnamen Toulon di Prancis. Ia mencetak gol pertamanya di ajang Piala AFF U-16 2017, 13 September 2017, di menit ke-41 dan gol kedua pada menit ke-67 melawan timnas U-19 Brunei Darussalam dengan hasil skor menang 8–0.

Atas penampilan ciamik Witan pada laga kali ini, pelatih timnas U-19 Indra Sjafri tak segan memuji pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu. Menurutnya, penampilan penggawa SKO Ragunan ini semakin menunjukkan grafik meningkat dari turnamen ke turnamen. "Saya pikir sejak dia bersama kami di timnas U-19 dan telah melewati berbagai kejuaraan, seperti turnamen Touloun di Paris, dua kali Piala AFF, dan sekarang Piala Asia, grafik permainannya semakin membaik," ujar Indra menjelaskan.

Witan Sulaeman

Klub/Sekolah: SKO Ragunan

Nomor Punggung: 8

Tempat/Tanggal Lahir: Palu, 8 Oktober 2001

Idola: Lionel Messi

Posisi: Gelandang

photo
Witan Sulaeman

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persik Kediri Persik Kediri 8 4 2 2 10 2 14
5 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement