Senin 29 Oct 2018 14:56 WIB

6 Kecelakaan Tragis Helikopter dan Pesawat di Sepak Bola

Sudah banyak korban dari elemen tim sepak bola akibat kecelakaan heli atau pesawat.

Rep: MGROL114/ Red: Israr Itah
Helikopter pemilik Leicester, Vichai Srivaddhanaprabha.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Helikopter pemilik Leicester, Vichai Srivaddhanaprabha.

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia sepak bola kembali berduka setelah bos Leicester City Vichai Srivaddhanaprabha meninggal akibat kecelakaan helikopter di luar Stadion King Power, Leicester, Inggris, Sabtu (27/10) lalu. Ini membuat para penggemar sepak bola kembali teringat akan kejadian kecelakaan yang menimpa pemain, pelatih, staf, ataupun manajemen tim sepak bola sebelumnya.

Peristiwa kecelakaan udara yang menimpa pemain atau tokoh dari lapangan hijau bukan yang pertama kali terjadi. Jika mundur ke belakang, sudah banyak korban dari elemen tim sepak bola akibat kecelakaan heli atau pesawat ini.

Berikut ini enam kecelakaan udara terkait sepak bola dikutip dari New York Times dan berbagai sumber:

1. Torino 

Sebuah pesawat Fiat yang membawa 31 orang penumpang menghantam puncak gunung di luar Turin, Italia pada 4 Mei 1949. Kecelakaan pesawat ini menewaskan 22 anggota dari sepak bola tim Torino.

Kecelakaan itu menghebohkan Italia, terutama di ibu kota wilayah Piedmont, Italia Utara. Sebab, tim Torino telah dianggap sebagai salah satu yang terbaik pada zamannya. Sejumlah pemain menjadi tulang punggung Italia.

Selain itu kecelakaan pesawat ini dianggap sebagai salah satu tragedi terburuk dalam sejarah olahraga Italia. Efek psikologis pada sepak bola Italia sangat terasa. Kejadian ini pun dijadikan sebuah buku yang berjudul “The Day Italian Football Died”.

2. Manchester United

Pada 6 Februari 1958, sebuah pesawat yang membawa tim Manchester United jatuh saat lepas landas dari Bandara Muenchen. Dari 44 orang di dalamnya, 23 tewas, termasuk delapan pemain Manchester United (MU) dan delapan wartawan.

Untuk memperingati kejadian itu, jam di stadion Old Trafford dibiarkan berhenti pada pukul 3:04, itu menandakan saat kecelakaan itu terjadi. Selain itu, kecelakaan tersebut juga menandakan hilangnya salah satu generasi emas tim MU. Sebelum kecelakaan, MU menjadi juara liga pada tahun 1955 dan 1957 dengan skuat muda. Usia rata – rata pemain kala itu adalah 24 tahun. Saat itu mereka dijuluki The Busby Babes, merujuk kepada pelatih MU saat itu Sir Matt Busby.

3. Alianza Lima

Sebuah pesawat Angkatan Laut yang membawa tim sepak bola divisi satu Peru, Alianza Lima, jatuh ke Samudera Pasifik pada 8 Desember 1987. Kecelakaan pesawat ini menewaskan 16 pemain dan tim pelatih.

Pesawat itu kembali ke ibu kota dari sebuah pertandingan di Pucallpa, sebuah kota hutan 355 mil timur laut, di mana Alianza telah pindah ke tempat pertama dengan kemenangan 1-0. Meskipun Alianza hampir hancur dalam kecelakaan itu, klub terus maju dengan sisa musim ini, diperkuat oleh pemain yang kembali dari pensiun untuk membantu mengisi skuat yang ada.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement