Rabu 31 Oct 2018 14:04 WIB

Platini Sebut Varane Paling Pantas Raih Ballon D'Or, Tapi...

Varane membantu Les Bleus memenangkan Piala Dunia di Rusia.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Raphael Varane
Foto: EPA-EFE/DIEGO AZUBEL
Raphael Varane

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Mantan Presiden UEFA Michel Platini menyebut perdebatan tentang pemain yang pantas menerima penghargaan Ballon d'Or tahun ini lebih rumit. Pada 10 tahun ke belakang, menurut Platini, perdebatan hanya tentang dua nama, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi, tahun ini ada banyak nama kandidat yang bermunculan karena dominasi Ronaldo-Messi mulai luntur. 

Platini mengatakan, kalau merujuk pada trofi paling bergengsi yang diraih tim tahun ini, pemain Real Madrid dan timnas Prancis Raphael Varane yang paling pantas mendapatkan Ballon d'Or. Alasannya, hanya berjarak sebulan setelah membantu Madrid hattrick Liga Champions, Varane membantu Les Bleus memenangkan Piala Dunia di Rusia. 

Baca Juga

''Hanya ada satu pemain yang memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia sekaligus tahun ini. Dia Raphael Varane,'' kata Platini, dikutip dari AS, Rabu (31/10).

Tapi, pemilihan nama pemain yang layak menerima Ballon d'Or, kata Platini, tidak bisa hanya sebatas itu. Pemenang Ballon d'Or akan dipilih berdasarkan voting oleh 173 jurnalis olahraga dari berbagai dunia. 

''Tidak mudah memutuskan siapa yang pantas diberikan gelar Ballon d'Or,'' ujar Platini. 

Varane masuk dalam daftar 30 nama kandidat peraih trofi bergengsi dari majalah France Football tersebut. Ia harus bersaing dengan bintang-bintang lainnya, seperti Neymar, Isco Alarcón, Sergio Ramos, Gareth Bale, Luis Suarez, Kevin De Bruyne, dan Mario Mandzukic. Tapi, media-media olahraga Eropa ramai menyebutkan kandidat terkuat yang akan jadi pemenang ialah Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Lionel Messi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement