Senin 05 Nov 2018 07:34 WIB

Timnas Indonesia Menuju Piala AFF 2018

Indonesia akan menghadapi tuan rumah Singapura di Stadion Nasional, Jumat (9/11)

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Bima Sakti Tukiman
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bima Sakti Tukiman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas sepak bola Indonesia akan mengakhiri masa pemusatan latihan di dalam negeri, Senin (5/11). Pada Selasa (6/11), skuat Garuda akan meninggalkan Tanah Air untuk berlaga pada laga perdana di Grup B Piala AFF 2018. Indonesia akan menghadapi tuan rumah Singapura di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11).

Piala AFF 2018 menjadi ujian pertama Bima Sakti sejak PSSI menunjuknya sebagai pelatih timnas menggantikan Luis Milla Aspas pada akhir Oktober lalu. Sejak ditunjuk sebagai pelatih, Bima menyiapkan 23 pemain dari 50 daftar nama yang ia panggil mengikuti pemusatan latihan di Cikarang, Jawa Barat. 

Baca Juga

“Kita sudah bersiap, tinggal menyiapkan mental untuk bisa maksimal saat pertandingan,” ujar dia di Jakarta, Ahad (4/11).

Gelandang muda Saddil Ramdani yang sempat masuk dalam daftar 23 pemain akhirnya dicoret. Ia digantikan Andik Vermansah yang saat ini merumput di Liga Malaysia. Bima mengatakan, pergantian ini menjadi kesempatan bagi Andik membuktikan layak tetap berada di barisan skuat nasional.

“Ini rezekinya Andik tetap bisa bersama timnas. Dia sudah berpengalaman di Piala AFF,” kata Bima. 

Selama di Cikarang, Bima mengungkapkan proses latihan dan persiapan berjalan tanpa masalah. Gelandang andalan Stefano Lilipaly sempat cedera. Akan tetapi, kata dia, penanganan yang cepat dan tepat membuat pemain Bali United tersebut kembali bugar. 

Selain nama-nama tersebut, Bima Sakti juga masih mengandalkan para pemain yang menjadi pilihan utama Luis Milla. Di deratan penggawa senior, selain Lilipaly dan Andik, ada kiper Andritany Ardhiyasa, striker Alberto Goncalves, Riko Simanjuntak, Rizky Pora dan Dedik Setiawan. Selebihnya, Bima Sakti mempercayakan skuatnya diisi para penggawa timnas U-23 bentukan Luis Milla yang berlaga di Asian Games 2018 lalu. 

Bima merasa tak kesulitan karena skuatnya didominasi para pemain yang sudah saling memahami konsep bermain tim Garuda saat masih dilatih Luis Milla. Selama latihan di Cikarang, Bima Sakti pun mengaku masih kerap berkomunikasi dengan pelatih asal Spanyol tersebut. “Ada tiga hal yang kami pertajam saat latihan. Memaksimalkan permainan bertahan, memperkuat serangan, lalu transisi menyerang dan bertahan,” ungkap Bima.

Ditarget juara membuat Bima tertantang. Sebab, selama ini prestasi terbaik Indonesia hanya runner-up. Ia meyakini kesempatan Indonesia juara tahun ini sangat besar. 

"Saya tidak bisa menentukan hasil. Tapi saya berharap bisa memberikan yang terbaik sebagai pelatih daripada saat saya menjadi pemain di timnas,” ujar dia. 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement