Selasa 06 Nov 2018 01:40 WIB

Kiprah 7 Pemain Kelas Dunia Saat Masih Berusia 18 Tahun

Marca menengok ke belakang saat sejumlah pemain dunia berada pada usia Vinicius.

Rep: MGROL114/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo
Foto: AP/Bret Hartman
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, Pemain muda berbakat Real Madrid Vinicius Junior menjadi perbincangan baru–baru ini setelah penampilan apiknya bersama Los Blancos. Ia menjalani debut bersama El Real pada usianya yang baru menginjak 18 tahun.

Vinicius bergabung dengan Madrid pada bursa transfer musim panas lalu dari klub asal Brasil Flamengo. Dia bisa dibilang sebagai mutiara sepak bola dunia, namun harus berjuang untuk masuk skuat utama Madrid. Bahkan kala dilatih oleh Julen Lopetegui dia hanya bermain untuk tim kedua Madrid.

Namun di bawah pelatih anyar Santiago Solari, ia mulai mendapatkan menit bermain di skuat utama el Real. Vinicius pun mulai bersinar di Madrid, ia telah berevolusi sedikit demi sedikit untuk menjadikannya pemain bintang. 

Marca menengok ke belakang saat sejumlah pemain bintang dunia berada pada usia Vinicius. Berikut ini tujuh pemain kelas dunia berkiprah di sepak bola saat berusia 18 tahun:

1.Luka Modric

Luka Modric pernah menjadi pemain muda terbaik di Bosnia. Pada usia 16 tahun Modric bergabung dengan tim muda Dinamo Zagreb. Kemudian ia pindah ke tim asal Bosnia HSK Zrinjnsdi Mostar. Di sana, ia membuat debut profesional pertamanya. Pada musim debutnya bersama tim profesional, Modric langsung menjadi pemain terbaik di Liga.

photo
Luka Modric

2.Cristiano Ronaldo

Pada 14 Agustus 2002, Cristiano Ronaldo memulai debutnya untuk Sporting Lisbon. Kala itu, Cristiano baru berusia 17 tahun. Satu tahun berselang, tepatnya pada 2003, ia dibeli oleh Manchester United setelah berhasil mencuri perhatian Sir Alex Ferguson dalam laga persahabatan Sporting kontra United.

3.Mohamed Salah

Pada 2010, Mohamed Salah masih mengambil langkah pertama dalam sepak bola. Ia membuat debutnya sebulan sebelum ulang tahun ke-18 di Divisi Utama Mesir. Dia harus menunggu sampai berusia 20 tahun untuk pindah ke Eropa.

4.Kylian Mbappe

Masih berusia 19 tahun, namun karier Kylian Mbappe sedang meningkat pesat. Sekarang pun ia menjadi salah satu pemain andalan timnas Prancis dan Paris Saint-Germain. Pada usianya yang sangat muda, dia sudah menjadi juara dunia bersama Prancis dan salah satu yang terbaik setelah membuat debutnya pada usia 16 tahun dan 347 hari di kancah profesional. Itu terjadi pada 2 Desember 2015 saat memperkuat AS Monaco.

photo
Kylian Mbappe

5.Lionel Messi

Saat usianya 17 tahun, Lionel Messi berhasil masuk ke skuat utama Barcelona dan mencetak gol di La Liga. Ia mencetak gol pertamanya pada 1 Mei 2005 saat melawan Albacete. Messi pun berhasil mencetak sebuah gol pada laga debutnya di La Liga, Copa del Rey dan Liga Champion pada usia muda.

6.Eden Hazard

Pada Februari 2009, Hazard berada di skuat utama Lille dan setelah tampil 30 kali pada 2008/09, ia pun dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik pada musim itu.

7.Neymar

Pemain asal Brasil itu bukan termasuk di antara sepuluh pemain yang paling banyak dipilih untuk penghargaan tahunan FIFA, tetapi ia merupakan bintang yang tidak diragukan kapasitasnya. Pada usia 17 tahun, Neymar sudah menjalani debut profesionalnya dengan Santos. Pada usia 18 tahun, ia sudah mencetak lima gol dalam pertandingan Piala Brasil.

photo
Neymar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement