Selasa 06 Nov 2018 14:10 WIB

Raih Posisi Satu Dunia di Akhir Tahun, Djokovic Catat Rekor

Djokovic terlempar jauh dari Prancis Terbuka dengan berada di posisi unggulan ke-20.

Novak Djokovic
Foto: EPA/Mast Irham
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, akan menjadi petenis pertama sejak peringkat ATP diperkenalkan pada 1973 yang mengakhiri tahun sebagai petenis nomor satu dunia dari luar posisi 20 besar dalam musim yang sama. Ini menjadi rekor terbaru di dunia tenis.

"Melihat apa yang telah terjadi tahun lalu, ini fenomena luar biasa," kata Djokovic, Senin (5/11). "Dan tentu saya sangat senang dan bangga dengan pencapain ini."

Lima bulan yang lalu, kata Djokovic, orang-orang tak akan percaya ia mampu menembus posisi petenis nomor satu dunia. "Ini mustahil pada waktu itu mempertimbangkan peringkat saya dan cara saya bermain saya di lapangan," jelasnya.

Djokovic hanya berkiprah di separuh tahun 2017 karena mengalami masalah dan kembali pada awal tahun ini. Namun cedera itu kembuh lagi di Austalia Terbuka dan ia memutuskan untuk menjalani operasi.

Djokovic terlempar jauh dari Prancis Terbuka dengan berada di posisi unggulan ke-20 dan terhenti di perempat final.

Namun kemudian Djokovic memperbaiki performa dengan mengalahkan Rafael Nadal di semifinal Wimbledon sebelum mengakhiri paceklik grand slam selama dua tahun dengan mengalahkan Kevin Anderson di final. Beberapa pekan kemudian, ia mengalahkan Juan Martin del Potro di final untuk memenangi AS Terbuka dan bulan lalu ia meraih gelar Shanghai Masters tanpa kehilangan satu set pun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement