Rabu 07 Nov 2018 17:09 WIB

Cukur Kamboja, Tim Futsal Indonesia ke Semifinal Piala AFF

Kamboja pun menjadi tim dengan jumlah defisit gol terbanyak, minus 32 gol.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Timnas futsal Indonesia memastikan melaju ke babak semifinal Piala AFF Futsal 2018 setelah menang telak dari Kamboja. Pertandingan antara kedua negara pada laga ketiga babak penyisihan Grup A di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Rabu (7/11) berakhir dengan skor telak 13-0.

Kemenangan dari Kamboja, membuat Indonesia lolos fase grup sebagai runner-up. Skuat Garuda mencatatkan dua kali kemenangan dan sekali kekalahan sepanjang babak penyisihan.

Sebelumnya. Indonesia menang 5-1 dari Myanmar dan harus mengakui keunggulan Malaysia, 5-7. Rangkaian hasil di babak penyisihan tersebut membuat Indonesia melaju ke semifinal dengan modal enam angka.

Sementara, timnas futsal Malaysia berhasil lolos ke semifinal sebagai juara dari Grup A. Malaysia menyapu bersih semua laga dengan kemenangan saat penyisihan. Laga perdana, Senin (5/11) tim Harimau Malaya menang telak atas Kamboja 11-0 dan berhasil menumbangkan timnas futsal Indonesia lewat skor 7-5. Pada laga terakhir, Rabu (7/11), Malaysia kembali menang 3-2 atas Myanmar.

Saat pertandingan antara Indonesia Vs Kamboja, tim tuan rumah memang sudah tampak menjanjikan kemenangan. Kamboja, dengan rentetan kekalahan sepanjang penyisihan, sepertinya tak menyisakan semangat mampu bangkit di laga terakhir.

Indonesia menjadikan kelemahan psikologis para pemain Kamboja sebagai pelampiasan atas kekalahan dari Malaysia. Skuat Garuda mampu unggul tujuh gol tanpa balas di babak pertama.

Tertinggal tujuh gol di babak pertama tentu tak mudah bagi Kamboja. Sebaliknya, para penggawa asuhan pelatih Kensuke Takahashi menjadikan tim tamu sebagai ladang gol tambahan pada babak kedua.

Pada menit ke-21, pemain tuan rumah Alfajri Zikri membuat skor semakin renggang menjadi 8-0. Disusul gol Randy Satria pada menit ke-26 dan membuat skor mencolok 9-0. Rio Pangestu Putra menambah kehancuran Kamboja lewatnya golnya pada menit ke-31.

Belum cukup dengan skor 10-0, Indonesia masih punya tiga gol tambahan yang dibuat Melvin Alexa pada menit ke-35 dan Aditya Muhammad menit ke-38. Gol terakhir Indonesia terjadi pada menit ke-39, lewat Fhandy Permana sekaligus menutup pertandingan dengan skor 13-0. Skor telak tersebut menjadi hasil yang paling mencolok dari seluruh rangkaian pertandingan empat negara sepanjang babak penyisihan Grup A.  

Kamboja bak bulan-bulanan dan menjadi tim peringkat keempat di Grup A dengan nilai nol lantaran tak pernah menang. Kamboja pun menjadi tim dengan jumlah defisit gol terbanyak, minus 32 gol.

Setelah kandas dari Malaysia sepuluh gol di laga perdana, pada laga kedua gawang Kamboja juga jebol sebelas kali dari para pemain Myanmar lewat skor 2-11. Namun Myanmar, tetap tak lolos fase grup setelah cuma menempati peringkat ketiga dengan mengemas tiga angka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement