Ahad 11 Nov 2018 19:06 WIB

Guardiola: Saya tak Mau Berteman dengan Mourinho

Saat Guardiola masih bermain di Barca, Mou bekerja di sana sebagai translator.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Jose Mourinho (kiri) dan Pep Guardiola (kanan).
Foto: EPA-EFE/Nigel Roddis
Jose Mourinho (kiri) dan Pep Guardiola (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Derbi Manchester akan tersaji di Etihad Stadium markas Manchester City beberapa jam lagi, Ahad (11/11) malam WIB. The Citizens akan menjamu 'tetangga berisik' Mancester United (MU) untuk lanjutan Liga Primer Inggris.

Derbi Manchester termasuk derbi terpanas di dunia. Apalagi sejak satu dekade terakhir, City tampil sebagai pengganggu MU dan raksasa Inggris lainnya merebut gelar juara sejak sahamnya dikuasai pengusaha kaya Timur Tengah.

Selain itu, pelatih kedua tim yakni Pep Guardiola di tim tuan rumah dan Jose Mourinho di MU menambah sedap jelang pertandingan kedua tim. Keduanya sudah tidak asing lagi dalam duel taktik yakni sejak Guardiola melatih Barcelona dan Mourinho sejak dari Inter Milan, Real Madrid, sampai sekarang bersama MU.

Guardiola dan Mou sudah lama saling kenal. Saat Guardiola masih aktif bermain, Mou bekerja di Barcelona sebagai translator. Laman 101 Great Goals menampilkan lagi foto-foto kebersamaan Guardiola dan Mou di Barcelona di akhir tahun 1990-an.

Tapi Guardiola menegaskan walau sudah lama kenal dekat dengan pelatih asal Portugal tersebut, ia selalu menganggap Mou sebagai musuh. Musuh yang dimaksud Guardiola ialah musuh di atas lapangan.  "Mourinho bukanlah teman saya. Setiap manajer (pelatih) harus demikian. Tidak boleh menganggap pelatih lain sebagai kawan. Kami selalu berlawanan," jelas dia.

Tapi di luar rivalitas pertandingan, Guardiola menghormati Mou dan pelatih klub rival lainnya. Ia selalu ikut senang ketika ada pelatih lain yang berhasil juara dan ia ikut sedih ketika melihat pelatih lainnya gagal dan dipecat. "Kami pelatih pasti mengalami pasang surut. Hari ini bisa saja saya juara, tapi bisa saja berikutnya saya dipecat," katanya menjelaskan.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement