Selasa 13 Nov 2018 16:27 WIB

Inggris Kembali Panggil Rooney untuk Ucapkan Perpisahan

Pelatih Inggris Gareth Southgate menilai legenda MU itu layak dapat laga perpisahan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).
Foto: REUTERS/Carl Recine
Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Striker senior Wayne Rooney kembali mendapatkan panggilan memperkuat timnas Inggris pekan ini. Pemain DC United itu akan dimasukkan ke dalam tim utama The Three Lions yang akan beruji coba melawan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (16/11) di Stadion Wembley.

Pelatih Inggris Gareth Southgate menilai legenda Manchester United (MU) tersebut layak diberikan pertandingan perpisahan mengingat apa yang sudah Rooney catatkan buat Inggris masuk ke dalam sejarah tim nasional. Rooney sampai sekarang tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Inggris dengan koleksi 53 gol.

Rooney telah mencatatkan penampilan sebanyak 119 pertandingan buat Inggris. Ia menjadi pemain dengan penampilan terbanyak kedua buat Tiga Singa di bawah Peter Shilton yang mencatatkan 125 pertandingan.

"Laga perpisahan ini layak buat Rooney. Saya senang ia mau kembali membela Inggris," kata Southgate, dikutip dari Four Four Two, Selasa (13/11).

Rooney mengaku bangga diberikan kesempatan tampil untuk ke 120 kalinya buat Inggris. Rooney terakhir kali membela Inggris dua tahun lalu tepatnya pada 11 November 2016. Saat itu, Rooney yang masih menyandang ban kapten Inggris membantu timnya mengalahkan Skotlandia 3-0 di Wembley. Saat itu ia mencatatkan satu assist.

Rooney mulai ditinggalkan dari skuat Inggris sejak Maret 2017. Gareth Southgate yang ingin meramajakan skuat timnas lebih memperioritaskan para penyerang muda seperti Harry Kane dan Raheem Sterling. Karena mantan pelatih Inggris U-21 itu ingin menciptakan skuat timnas Inggris untuk tiga Piala Dunia ke depan.

Merasa ditinggalkan oleh negaranya, Rooney pun mengumumkan pensiun dari timnas terhitung sejak Agustus 2017. Rooney pensiun karena merasa memang sudah tak muda lagi. Saat itu Rooney juga beralasan ingin fokus membela Everton.  "Saya bahagia dengan kesempatan terakhir main buat Inggris. Saya akan berbicara dulu dengan pelatih untuk mengucapkan terima kasih," ujar Rooney.

Banyak spekulasi beredar bahwa hubungan Rooney dengan Southgate jadi merenggang sejak mantan kapten MU itu terdepak dari the Three Lions. Tapi jelang pertandingan lawan AS ini, keduanya kompak menepis anggapan itu.

Southgate pun ingin menemui Rooney secara pribadi untuk membuktikan keduanya baik-baik saja. Ia mengakui selama ini jarang berkomunikasi dengan Rooney karena kesibukan masing-masing. Apalagi Rooney sekarang bermain di kompetisi MLS Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement