Rabu 14 Nov 2018 16:25 WIB

Perpisahan Spesial untuk Wazza

Semua pemain dalam skuat Inggris sangat menghormati kontribusi Rooney.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Wayne Rooney
Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Laga persahabatan antara Inggris melawan Amerika Serikat (AS) akan menjadi laga spesial bagi publik Inggris. Sebab, salah satu legenda sepak bola Wayne Rooney akan turut tampil dalam pertandingan yang digelar di Wembley, Kamis (15/11) tersebut.

Kembalinya Rooney setelah menyatakan pensiun dua tahun lalu ternyata ditunggu publik Inggris. Bagaimana tidak, sejak kabar Rooney akan main di Wembley, tiket pertandingan Inggris lawan AS sudah terjual hingga 20 ribu kursi, dari target yang dicapai yaitu 60 ribu kursi.

''Senang kembali ke sini dan bertemu pemain lagi. Senang rasanya bertemu mereka (pemain), staf, dan penyambutan yang mereka berikan sangat fantastis. Secara keseluruhan, luar biasa kembali ke sini,'' ujar Rooney dikutip dari Mirror, Rabu (14/11).

Pemain berusia 33 tahun tersebut memang diatur untuk melakoni laga ke-120 untuk timnas. Ia selama ini telah mencetak 53 gol. Rooney juga mengapresiasi langkah Federasi Sepak Bola Inggris (FA) yang memberikan penghormatan kepada pemain yang telah berjasa untuk negaranya. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Inggris. FA, kata dia, mencoba untuk mengambil langkah berbeda dan merayakan pemain yang memberikan kontribusi bagi negara. ''Semoga akan ada banyak lagi (seperti) ini di masa mendatang,'' ujarnya.

Selama bermain untuk Inggris, Rooney telah memenangkan 71 laga, imbang 29 kali, dan hanya kalah 19 kali. Penampilan terakhir pemain berjulukan Wazza bersama timnas adalah dua tahun lalu, saat menang atas Skotlandia 3-0. Namun, meski usianya menginjak kepala tiga, mantan bintang Manchester United tersebut tetap menunjukkan ketajamannya. Selama bermain di Liga MLS bersama DC United, Rooney mencetak 12 gol dari 21 pertandingan.

Meski demikian, Rooney tidak ingin menekan pelatih Gareth Southgate dalam pertandingan persahabatan melawan AS. Rooney juga menegaskan tidak ada tuntutan pribadi dalam laga perpisahan tersebut. Ia mengaku tidak masalah apakah ia akan bermain sebagai starting XI atau pemain pengganti atau pun permintaan khusus soal nomor punggung atau posisi yang ia mainkan.

''Saya katakan ke Gareth apapun yang ia inginkan dari saya dalam pertandingan, saya akan mencoba untuk memberikannya. Itu penting, saya jelas sadar ini (pertandingan) terakhir bagi saya,'' kata Rooney.

photo
Wayne Rooney (kiri) bersama pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dalam konferensi pers.

Sementara itu, Southgate mengatakan dirinya bahagia Rooney ambil bagian dalam pertandingan persahabatan itu. Ia menilai, keterlibatan pemilik nomor punggung 10 saat masih aktif di timnas tersebut akan menjadi yang utama. Menurutnya, semua pemain dalam skuatnya sangat menghormati kontribusi Rooney dan si striker layak mendapatkan perpisahan yang lebih baik.

Southgate mengungkapkan, hal ini pernah dilakukan oleh Lukas Podolski saat berpisah dengan timnas Jerman. Saat itu, lanjut dia, Ingggris belum cukup brilian untuk merayakan perpisahan pemain internasional. ''Karena saya masih dapat menatap ke depan dengan pemain yang saya plih. Dia (Rooney) layak mendapatkan perpisahan yang lebih baik,'' ujarnya.

Southgate akan menjadikan ajang pertandingan persahabatan ini sebagai ujian bagi pemain muda. Salah satunya adalah Jadon Sanchp, yang kemungkinan besar akan diturunkan untuk melakoni debutnya bersama timnas Inggris. Pemain berusia 18 tahun tersebut main gemilang bersama klub Borussia Dortmund. Apalagi, Southgate juga berencana menyiapkan pemain yang belum berpengalaman di starting XI pada laga Liga Bangsa-Bangsa melawan Kroasia.

Striker Bournemouth Callum Wilson juga menjadi kandidat untuk masuk dalam starting XI. Ini untuk memastikan trio strikernya, Harry Kane, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford bugar pada pertandingan melawan Kroasia akhir pekan nanti. Di wilayah pertahanan, Kieran Trippier harus absen karena mengalami cedera. Sementara Kyle Walker diprediksi akan diturunkan lawan Kroasia, sehingga bek Liverpool Trent Alexander-Arnold bisa menggantikan posisinya.

Prediksi susunan pemain

Inggris (4-3-3)

Jack Butland; Alexander-Arnold, J. Gomez, J. Stones, Shaw; Ross Barkley, E. Dier, Rooney; Jodan Sancho, Jese Lingard, Callum Wilson

Pelatih: Gareth Soutghate

Amerika Serikat (4-1-4-1)

Jonathan Klinsmann; R. Cannon, C. Carter-Vickers, A.Long, Sweat; W. Trapp; Weah, De;gado, Acosta, Amon; Sargent

Pelatih: D. Sarachan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement