Rabu 14 Nov 2018 21:58 WIB

Faisal Achmad Petik Banyak Pelajaran di Satria Muda

Yang paling mendasar adalah semangat bertanding dan mental juara

 Faisal J. Achmad (kanan)
Foto: Antara/Widodo
Faisal J. Achmad (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemain Satria Muda yang kini menjadi asisten pelatih klub Pelita Jaya, Faisal J Achmad menyebut Satria Muda sebagai salah satu tim bola basket terbaik di tanah air. 10 gelar juara di liga bola basket menjadi bukti yang tak terbantahkan.

"SM (Satria Muda) sudah dikenal menjadi salah satu klub terbaik di Indonesia, otomatis hal itu membuat mereka konsisten di liga profesional (bola basket) di Indonesia," ujar Faisal saat ditemui di perayaan "The 25 Years Journey of Satria Muda" di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Rabu (14/11) malam.

Faisal mengaku mendapat banyak pelajaran selama menjadi pemain Satria Muda. Salah satunya yang paling mendasar adalah semangat bertanding dan mental juara.

"Dan memang terbukti dari segi latihan atau pertandingan. Di SM saya belajar sebagai pemain yang tidak mau kalah," ujar Faisal.

Hal tersebut dikatakannya tidak lepas dari prinsip yang diterapkan Erick Thohir selaku pemilik tim. Ia tidak ragu menyebut jika semangat itu yang ia tularkan kepada pemain-pemainnya di Pelita Jaya kini.

"Semua itu saya tularin ke tim saya yang baru, mental seperti itu. Saya belajar banyak dan saya terapkan juga di kehidupan saya," kata Faisal.

Satria Muda meluncurkan film dokumenter sebagai penanda perjalanan 25 tahun SM di dunia bola basket tanah air. Presiden SM Pertamina Erick Thohir mengatakan, pemutaran film dokumenter ini bukan untuk menunjukkan SM arogan. Justru SM ingin memberi kontribusi agar klub lain terpacu untuk profesional.

"Jangan hanya andalkan sumbangan atau hobi. Klub harus dikelola dengan manajemen secara profesional serta banyak pendapatan," kata Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement