Kamis 15 Nov 2018 22:57 WIB

Ronaldinho Ingin Dirikan Akademi Sepak Bola di Jeddah

Ronaldinho sarankan calon pemain sepak bola rajin membaca dan jangan takut gagal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Didi Purwadi
Ronaldinho
Foto: EPA/Paulo Fonseca
Ronaldinho

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho, tertarik mendirikan akademi sepakbola di Jeddah, Arab Saudi, tahun depan. Hal itu diungkapkan legenda sepak bola Brasil usai tampil di Forum Global Misk pada Rabu (14/11).

Dilansir dari Arab News, Ronaldinho mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa yang diterima dari warga Saudi. “Adapun anak-anak, mereka yang ingin menjadi pemain suatu hari nanti, dedikasikan sebanyak yang anda bisa dan ikuti impian,'' kata dia.

Pemilik nama Ronaldo Assis de Moreira itu tampil memberikan kuliah singkat 'Disiplin dan Kegembiraan Kerja Tim'. Dia mengatakan cukup beruntung pernah bergabung dalam tim yang diisi pemain bintang seperti Paris St-Germain, Barcelona, dan AC Milan. Ia pun mengaku beruntung karena bisa merasakan juara Piala Dunia 2002 dengan tim nasional Brasil.

''Kami semua saling menghormati satu sama lain. Bagi saya, itu luar biasa,'' kata Ronaldinho. ''Karena sejarah saya dengan tim dan pemain sangat indah, mengidolakan mereka, memenangkan gelar lagi.''

Sepanjang berkarir sebagai pemain sepakbola, dia selalu bekerja keras. Ia selalu bersyukur mendapat hak istimewa bermain sepakbola tanpa tekanan.

“Persiapkan diri anda dan bantu rekan kerja atau anggota tim anda. Kerendahan hati itu penting. Cobalah untuk tetap rendah hati,” ujar dia.

Dia menyarankan calon pemain sepak bola harus tekun berlatih, suka membaca, dan jangan takut gagal. “Saya gagal berkali-kali. Sepakbola memang seperti itu. Anda tidak selalu menang. Anda harus mencari pelajaran dari kekalahan dan tidak kehilangan harapan,” kata dia.

Sekarang Ronaldinho sudah pensiun. Dia tertarik terus menekuni dunia sepak bola yang membesarkannya. ''Setelah saya berhenti bermain, saya memiliki akademi sepak bola untuk memberikan sesuatu kembali,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement