Ahad 18 Nov 2018 16:14 WIB

Veron: MU Menderita Sejak Ditinggalkan Ferguson

Mou pelatih hebat di dunia, namun belum sesuai dengan karakter MU.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Sir Alex Ferguson (kiri) dan Jose Mourinho.
Foto: EPA/Peter Powell
Sir Alex Ferguson (kiri) dan Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMCHESTER -- Mantan pemain timas Argentina Juan Sebastian Veron beropini tentang mantan klubnya Manchester United (MU) yang sulit bersaing di jalur juara Liga Primer Inggris selama lima tahun terakhir. Veron melihat the Red Devils kehilangan arah sejak hengkangnya pelatih karismatik Sir Alex Ferguson.

"MU tidak punya arah yang jelas sejak kepergian Ferguson. Sampai sekarang mereka belum menemukan pelatih yang sepadan dengan Fergie," kata Veron dikutip dari Marca, Sabtu (18/11).

Sudah ada tiga pelatih yang menangani MU sejak kepergian Ferguson. Pertama adalah David Moyes. Pelatih asal Skotlandia itu hanya bertahan satu musim bersama Si Iblis Merah. Setelah Moyes, MU mengontrak pelatih senior asal Belanda Louis Van Gaal. Walau sukses memberikan trofi Piala FA, Van Gaal dipecat di musim keduanya karena dinilai gagal menampilkan performa terbaik MU.

Sejak 2016, MU dilatih Jose Mourinho. Musim perdana bersama arsitek tim asal Portugal itu, MU memenangkan Piala Carling dan Liga Europa. Tapi kepuasan terhadap Mou masih rendah karena ia justru semakin menghilangkan karakter asli MU.  "Mou pelatih hebat di dunia. Tapi dia belum sesuai dengan karakter MU," ujar Veron.

Sebalik Veron menilai rival sekota MU, Manchester City semakin mengarah kepada kejayaan sejak tim itu dilatih Pep Guardiola. Veron menyebut City sekarang mirip dengan MU era Ferguson di mana Iblis Merah menjuarai kompetisi dan memeragakan permainan yang indah.

Veron memperkuat MU sejak 2001 sampai 2003. Walau sebentar, ia sempat mencicipi gelar juara Liga Primer tahun 2003. Setelah itu, Veron bergabung ke Chelsea dan kemudian Inter Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement