Ahad 18 Nov 2018 16:37 WIB

Quieque Setien Sosok Tepat Pengganti Valverde di Barcelona

Setien sukses meracik timnya menjadi kesebelasan yang mengerikan musim ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Quique Setien
Foto: Marca.com
Quique Setien

REPUBLIKA.CO.ID, ANDALUSIA -- Secara mengejutkan, Real Betis berhasil membuat Barcelona bertekuk lutut di hadapan pendukungnya sendiri, pada lanjutan La Liga Spanyol jornada 12 yang berlangsung di Stadion Camp Nou akhir pekan kemarin.

Betis sejatinya bukan tim jempolan seperti Atletico Madrid, Villarreal, atau pun kesebelasan tetangga Sevilla. Namun perlahan tapi pasti kesebelasan asal Andalusia tersebut meningkat secara permainan taktik dan mentalitas. Betis pun masuk dalam daftar tim yang patut dipertimbangkan sebagai lawan berat.

Dalang dari penampilan gemilang Real Betis yakni juru taktik jenius bernama Quique Setien. Ia sukses meracik timnya menjadi kesebelasan yang mengerikan musim ini. Buktinya, akhir pekan kemarin Barcelona jadi korban kesebelasan berjuluk Los Verdiblancos dengan skor 4-3.

Alhasil, surat kabar Spanyol Marca, tengah pekan ini mengklaim Setien layak menjadi kandidat teratas untuk menggantikan Ernesto Valverde jika sang pelatih berminat untuk angkat koper dari Camp Nou.

Enternador berusia 60 tahun itu terbilang sangat cocok dengan tipikal bermain Blaugrana. Setien gemar dalam penguasaan bola untuk mengendalikan permainan. Ia bahkan bisa disebut pelatih yang tidak miskin taktik dan selalu bereksperimen dengan skema formasi di atas lapangan. Tak hanya piawai dalam urusan taktik, Setien dapat meningkatkan rasa percaya diri pemain gaek seperti Joaquin Sanchez yang sudah menginjak usia 37 tahun.

Selain itu, Setien sukses mencatatkan rekor positif karena jadi pelatih La Liga pertama dalam 10 tahun terakhir yang mampu memetik kemenangan di Camp Nou dan juga Santiago Bernabeu pada 20 September 2017 lalu.

Sebelumnya, Betis berhasil mempertahankan tren positif saat berhadapan dengan raksasa Italia AC Milan di ajang Liga Europa. Si Hijau-Putih menang 2-1 di San Siro dan imbang 1-1 kala bermain di Estadio Benito Villmarin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement