Rabu 21 Nov 2018 06:44 WIB

Swedia Amankan Tiket Promosi ke Liga A Liga Bangsa-Bangsa

Kemenangan atas Rusia menempatkan Swedia sebagai juara Grup 2.

Marcus Berg
Foto: AP Photo
Marcus Berg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gol Victor Lindelof dan Marcus Berg mengantarkan Swedia memetik kemenangan 2-0 atas Rusia dalam pertandingan Liga B Grup 2 Liga Bangsa-Bangsa di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Rabu (21/11) dini hari WIB. Kemenangan atas Rusia menempatkan Swedia sebagai juara Grup 2 sekaligus promosi ke Liga A yang merupakan strata tertinggi kompetisi antarnegara Eropa ini.

Adapun Turki terdegradasi ke Liga C dengan hanya mengoleksi tiga poin. Tukri menelan kekalahan 0-1 dari Swedia pada akhir pekan lalu.

Lindelof menyambar bola operan Mikael Lustig dari tendangan sudut untuk membawa timnya memimpin pada menit ke-41. Bek Manchester United ini seolah membuktikan bahwa ia layak terpilih sebagai pemain terbaik Swedia tahun ini.

Sementara penyerang Marcus Berg seolah ingin membutkikan kritik yang dialamatkan kepadanya karena penyelesaiannya yang buruk saat Swedia dihentikan Inggris di perempat final Piala Dunia 2018 salah. Ia memastikan kemenangan timnya dengan memaksimalkan peluang untuk menjadi gol pada menit ke-72.

Ketika tuan rumah Piala Dunia tahun ini Rusia berupaya mengejar dan melakukan sejumlah perubahan di sektor serangan, Swedia kehilangan penyerang Viktor Claesson karena pergelangan kakinya terkilir. Namun pasangan bek tengah Lindelof dan Andreas Granqvist tampil kokoh untuk mempertahankan keunggulan.

Kiper Swedia Robin Olsen tidak perlu melakukan terlalu banyak penyelamatan ketika tekanan Rusia gagal dikonversi menjadi ancaman nyata. Pasukan Janne Andersson menutup tahun dengan kemenangan vital.

Swedia akan tampil di Liga A pada Liga Bangsa-Bangsa mendatang, dan memiliki peluang tambahan untuk lolos ke Piala Eropa 2020 via play-off jika mereka memerlukannya. Sementara Rusia akan tetap bermain di Liga B. 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement