Rabu 21 Nov 2018 11:02 WIB

LeBron: Bersama Lakers Saya akan Lakukan Banyak Perubahan

LeBron jadi pemain ke-5 dalam sejarah NBA yang mencetak skor di atas 50 poin.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Rekor poin LeBron James
Foto: Republika
Rekor poin LeBron James

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- LeBron James menjadi penentu kemenangan Los Angeles (LA) Lakers atas Miami Heat di lanjutan Liga Basket Amerika Serikat (NBA) 2018 pada Senin (19/11) waktu setempat. The King James, julukan pebasket 33 tahun, itu mencatatkan 51 angka saat skor 113-97 untuk kemenangan Lakers atas Miami.

Kemenangan Lakers dari Miami di American Airline Arena, Florida, tersebut menjadi catatan tersendiri bagi LeBron. Karena baru kali ini, ia berhasil mengalahkan bekas klubnya itu setelah ia hengkang dari Miami pada 2014.

LeBron juga memberikan delapan kali rebound dan tiga assist. Sedangkan, torehan 51 angka milik LeBron dari pertandingan tersebut pun menjadi prestasi tambahan dalam karier profesionalnya. Dengan hasil itu, LeBron menjadi pemain kelima dalam sejarah NBA yang berhasil membuat skor di atas 50 dalam sekali pertandingan.

Namanya pun menjadi yang kedua dalam sejarah NBA setelah Wilt Chamberlain, legenda basket Philadelphia 76ers, yang berhasil membuat 50 angka bersama tiga tim berbeda. Sebelum bersama Lakers awal 2018 lalu, pada musim-musim sebelumnya saat bergabung dengan Miami dan Cleveland Cavilaiers, LeBron juga pernah mencatatkan prestasi serupa.

“Saya sudah bermain untuk tiga tim yang sangat-sangat bersejarah dalam karier saya,” kata James seperti dikutip dari ESPN, Selasa (20/11).

Tujuh musim bersama Cavaliers sejak 2003, kata LeBron, menyimpan banyak catatan yang tak terlupakan sebelum bergabung ke Miami pada 2010. Empat tahun memperkuat Miami, dan kembali ke Cavaliers pada 2014, lanjut dia, juga menjadi musim-musim yang paling bersejarah dalam kariernya. “Dan bersama Lakers saat ini, saya akan lebih banyak melakukan yang terbaik untuk tim dan pelatih yang memberikan kepercayaan kepada saya,” sambung dia.

Reputasi LeBron bersama Lakers di awal-awal bergabung Januari 2018 lalu memang sempat diragukan. Terbukti dalam beberapa partai laga awal musim, Lakers juga masih kerap kandas.

Akan tetapi, peran LeBron di Lakers perlahan kian nyata. Sampai partai ke-12 NBA musim ini, LeBron berhasil membuat rekor tujuh kemenangan. Meski punya tambahan dua kekalahan dalam beberapa laga, namun Lakers merangkak ke jalur play-off Wilayah Barat, dengan posisi saat ini di peringkat kedelapan.

Peran sentral LeBron di Lakers, pun memang tak terbantahkan. Karena penampilannya sejauh ini mengantarkan namanya menjadi pemain teratas dalam tabel topskor sementara musim ini. LeBron, dari seluruh penampilannya mencatatkan 28,8 angka per laga, dengan 7,7 rebound, dan 6,9 assist.

LeBron unggul tipis dari pesaingnya dalam daftar pencetak skor terbanyak sementara, Kemba Walker, dari Hornets yang kini punya catatan 28,7. Dua pesaing lainnya, yakni James Harden dari Houston Rockets dengan 27,8 dan Joel Embiid dari 76ers, dengan 27,7.

Pelatih kepala di Lakers, Luke Walton, pun mengakui peran LeBron yang signifikan dalam timnya musim ini. “Itu semua berkat latihan bersama,” kata dia seperti dikutip dari San Fransisco Chronicle, Selasa (20/11). “Cara dia (LeBron) bermain dan cara dia melihat permainan, dia sangat tahu apa yang dia lakukan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement