Kamis 22 Nov 2018 21:34 WIB

Cepat atau Lambat, Guardiola akan Latih Sebuah Timnas

Guardiola ingin memiliki banyak waktu istirahat meski masih menjadi seorang pelatih.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pep Guardiola
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sukses bersama klub, tak membuat Josep Guardiola puas. Ia berencana melatih tim nasional (timnas) suatu saat nanti.

Tentu itu tidak terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, sosok yang akrab disapa Pep sedang terikat kontrak dengan Manchester City.

"Cepat atau lambat itu akan terjadi. Jika mereka meminta saya (sebuah tim nasional)," kata arsitek tim usia 47 tahun, dikutip dari Four Four Two, Kamis (22/11).

Guardiola melanjutkan, dengan begitu ia bakal memiliki banyak waktu istirahat. Ia bisa menyempatkan waktu tuk sekadar bermain golf di sela-sela kesibukannya nanti.

Tapi saat ini, setiap hari Guardiola harus terlibat di pelatihan. Pasalnya, intensitas bekerja ketika membesut klub, lebih tinggi dibandingkan saat memoles timnas. "Sekarang saya tidak punya waktu untuk bermain," ungkap dia.

Juru taktik asal Katalan ini memulai karier kepelatihan di Barcelona B pada 2007 silam. Setahun berselang ia naik kelas. Sejak 2008 hingga 2012, ia melatih tim utama Barca. Dalam rentang waktu empat tahun, ia meraih segalanya di level klub.

Pada 2013, Guardiola merapat ke Bayern Muenchen. Selama tiga musim di sana, ia membawa Muenchen mendominasi Bundesliga Jerman.

Barulah pada 2016, Guardiola merapat ke Manchester City. Bersama City, ia telah mengoleksi gelar Liga Primer Inggris, Piala Liga, dan Community Shield, masing-masing satu gelar. Ia berpotensi mempertahankan trofi Liga Primernya. Sejauh musim ini berjalan, skuat Manchester Biru berada di puncak klasemen sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement