Jumat 23 Nov 2018 19:37 WIB

Mourinho Sebut Empat Pemain MU tak Memiliki Karakter

Keempat pemain tersebut belum memiliki sejumlah atribut untuk menjadi pemain sukses.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Membela Mourinho
Foto: Republika
Membela Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho menyatakan, empat pemain United tidak memiliki karakter, tidak dewasa, dan cenderung dimanja. Empat penggawa United tersebut adalah Luke Shaw, Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Anthony Martial.

Meski mengakui potensi yang dimiliki empat pemain muda tersebut, namun Mourinho mengungkapkan, keempat pemain tersebut belum memiliki sejumlah atribut untuk menjadi pemain sukses. Atribut itu termasuk karakter dan kedewasaan.

''Orang-orang di sekitar mereka terlalu berlebihan memberikan perhatian. Mereka terlambat untuk menjadi dewasa. Luke Shaw, dia memiliki potensi yang besar, tapi tidak tahu cara bersikap. Saya berbicara tentang Shaw, Martial, Lingard, dan Martial. Mereka muda dan memiliki potensi yang besar. Namun, mereka kurang memiliki karakter,'' ujar Mourinho kepada Univision seperti dikutip Daily Mail, Jumat (23/11).

photo
Marcus Rashford (kiri) dan Jesse Lingard dalam sebuah sesi latihan Manchester United pada Juli 2016. Keduanya dipanggil masuk skuat timnas Inggris.

Pelatih asal Portugal itu menambahkan, perlakuan orang-orang di sekitar keempat pemain itu membuat para pemain tersebut tidak memiliki karakter dan mentalitas yang kuat. Empat pemain tersebut, menurut Mourinho, cenderung dimanja dan akhirnya membuat mereka terlambat dalam tumbuh dewasa.

''Mereka kurang dewasa dan saya berbicara tentang kedewasaan dalam level personal. Mereka anak-anak yang dimanja. Mereka tumbuh dengan kondisi yang berbeda dan lingkungan yang lebih mudah. Saya berbicara tentang perlakuan orang-orang di sekitar mereka,'' ungkap mantan pelatih Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Porto tersebut.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Mourinho mengkritik anak-anak asuhnya secara terbuka pada musim ini. Usai United dikalahkan West Ham United, Mourinho sempat menyebut, sebagian para penggawa MU tidak peduli dengan perjalanan skuat the Red Devils pada musim ini.

Selain itu, Mourinho juga sempat bersitegang dengan gelandang asal Prancis, Paul Pogba. Kiprah United di Liga Primer Inggris musim ini memang cukup mengecewakan. Berada di peringkat kedelapan klasemen sementara pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris merupakan start terburuk United sejak musim 1989/1990. Runner-up Liga Primer Inggris musim lalu itu mengantongi selisih 12 poin dengan pemuncak klasemen sementara, Manchester City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement