Ahad 25 Nov 2018 17:46 WIB

Menang Besar Atas Bali United, PSM Kembali ke Jalur Juara

PSM menang 4-0 atas Bali United

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Pemain PSM Makassar Guy Junior (kanan) meluapkan ekspresi usai menjebol gawang Persib
Foto: Liga 1
Pemain PSM Makassar Guy Junior (kanan) meluapkan ekspresi usai menjebol gawang Persib

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PSM Makassar kembali merebut posisi teratas peringkat klasemen sementara Liga 1 2018 usai mengalahkan Bali United dengan skor 4-0. Hasil laga pada pekan ke-32 antara kedua kesebelasan di stadion Andi Mattalatta, Sulawesi Selatan (Sulsel), Ahad (25/11) membawa PSM ke jalur juara Liga 1. Sementara dengan kekalahan tandang kali ini membuat Bali United masih tersendat di papan tengah.

PSM memang menargetkan kemenangan dari laga kali ini. Kemenangan PSM sudah tampak sejak babak pertama. Bermain dalam formasi menyerang 4-3-3, skuat berjuluk Si Ayam Jantan dari Timur itu membuka keunggulan cepat pada menit ke-9. Gol pembuka keunggulan milik Zulham Zamrun yang terjadi setelah menerima umpan Wijan Pluim. Gol kedua, milik Marc Klok yang terjadi pada menit ke-38, lewat sepakan penalti. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Bali United kerja keras membalas. Pelatih Widodo Cahyono Putro, pada menit ke-47, sudah melakukan rotasi pemain belakangnya. Bek Dallen Ramadhan ditarik keluar. Posisinya digantikan I Kadek Agung Widnyana yang biasa bermain di posisi gelandang. Pergantian tersebut, menjadi yang kedua dari kubu tamu setelah pada menit ke-31, gelandang Nick Valden ditarik keluar dan digantikan oleh Brwa Nouri.

Dua kali pergantian pemain tersebut belum membuat pelatih Robert Rene Alberts merasa perlu merespons. PSM yang sudah unggul dua gol bermain lebih santai di awal babak kedua. Sementara para penggawa Serdadu Tridatu kerja keras mengejar skor tertinggal. Akan tetapi, para pemain dari Pulau Dewata itu tampak frustrasi menejebol lini pertahanan tuan rumah. Para pemain tuan rumah, pun beberapa kali mencoba memperbesar keunggulan. 

Namun skor masih tetap 2-0 sampai menit ke-60. Di menit ke-63, pelatih Alberts mulai mengganti satu pemainnya. Striker Sandro Ferreira digantikan Ferdinand Sinaga. Menuju menit ke-70, kedua kesebelasan menyajikan permain sengit. Bali United beberapa kali mendapat peluang menejebol gawang yang dikawal oleh kiper Hilman Syah. Tapi sia-sia. Lini serang PSM, pun tak mau kalah memperbanyak jumlah gol, namun keberuntungan belum kembali.

Papan skor tetap 2-0. Pelatih Alberts kembali menyegarkan komposisi pemainnya. Pemain muda Asnawi Mangkualam Bahar masuk menggantikan Zulham pada menit ke-71. Menuju menit ke-80, tercatat tiga kali Bali United punya peluang membayar selisih gol. Tetapi tak ada yang berhasil menjadi gol. Alih-alih memperkecil ketertinggalan, di menit ke-84, kiper Wawan Hendrawan malah kembali kebobolan yang ketiga kalinya.

Berawal dari umpan Pluim dari sayap kiri, bola ia teruskan ke tengah. Ada gelandang Rizky Pellu yang menerima umpan. Ia meneruskan umpan tersebut, kepada Ferdinand yang berada di sisi kanannya. Tanpa ada pengawalan dari pemain belakang Bali United, Ferdinand melepas sepakan ke arah gawang dan gol. Skor menjadi 3-0. Bali United benar-benar menyerah menjelang menit terakhir. Di menit ke-89, kembali Ferdinand mencatatkan namanya di papan angka.

Berawal dari sepak pojok, gelandang Syamsuddin Rachmat menerima bola dengan sepakan salto. Namun tendangan saltonya, tak membawa bola ke arah gawang Bali United. Melainkan ke arah Ferdinand yang menunggu di dekat gawang. Dengan kepalanya Ferdinand mudah mengantarkan bola ke gawang. Kiper Wawan kembali kebobolan. Skor menjadi 4-0. Gol tersebut menjadi gol yang ke-10 milik Ferdinand selama liga berjalan. Skor 4-0, sekaligus menutup pertandingan.

Kemenangan PSM kali ini membuat tim tersebut berada di ambang juara. PSM kini mengemas 56 angka di posisi teratas klasemen sementara. Ada Persija Jakarta di peringkat kedua dengan 54 angka. Sementara Liga 1, menyisakan dua laga sebelum tutup musim. Pekan ke-33, Ahad (2/12) mendatang, PSM bakal melakoni laga berat dengan tandang ke markas Bhayangkara FC, tim peringkat keempat yang punya modal 49 di papan klasemen. Menutup musim ini, PSM akan  menjamu tim terancam degradasi, PSMS Medan, Ahad (9/12).

Sementara Bali United, kini tertahan di papan tengah di tangga keenam dengan nilai 45 angka. Para penggawa Serdadu Tridatu masih punya peluang menembus posisi lima besar sebelum tutup musim. Dua laga terakhir, Bali United akan menjamu Persija, pada Ahad (2/12), dan mengakhiri Liga 1 musim ini dengan tandang ke markas Bhayangkara, pada 9 Desember mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement