Rabu 05 Dec 2018 14:58 WIB

Laga 'Final' Persija Vs Mitra Kukar Akhirnya Digelar di GBK

Persija kontra Mitra Kukar akan menjadi laga penentu peraih gelar juara Liga 1 2018.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diterangi cahaya lampu warna warni.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diterangi cahaya lampu warna warni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta memastikan laga saat menjamu Mitra Kukar FC akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Ahad (9/12). Kepastian itu setelah manajemen skuat Macan Kemayoran mendapatkan restu penggunaan SUGBK untuk menjamu Si Naga Mekes sebagai laga pamungkas pekan ke-34 Liga 1 2018.

“Alhamdulillah, tadi pagi kami mendapatkan izin penggunaan GBK untuk pertandingan terakhir (Liga 1) menghadapi Mitra Kukar,” ujar Koordinator Operasional Persija Rafil Perdana kepada wartawan, Rabu (5/12).

Menurut Rafil, baik pihak kepolisian Polda Metro Jaya, pengelola SUGBK, maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah memberikan lampu hijau penggunaan stadion berkapasitas 76 ribu penonton tersebut. Persija kontra Mitra Kukar akan menjadi laga penentu peraih gelar juara nasional kompetisi sepak bola utama Liga 1.

Laga tersebut awalnya akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Stadion tersebut selama ini juga disewa Persija sebagai lokasi laga kandang.

Manajemen Persija memang awalnya menghendaki laga terakhir timnya berlangsung di SUGBK. Namun pengelola tak memberikan izin. Itu karena sehari sebelum laga, SUGBK dijadikan lokasi Perayaan Natal 2018 umat Kristiani.

Akan tetapi, kata Rafil, komitmen banyak pihak yang menghendaki laga Persija vs Mitra Kukar berlangsung di ibu kota, akhirnya sepakat menjadikan SUGBK sebagai lokasi tanding. “Animo masyarakat khususnya di Jakarta yang tinggi, terutama dari teman-teman Jakmania (suporter Persija), banyak pihak yang membantu agar pertandingan terakhir berlangsung di SUGBK,” jelasnya.

Laga antara Persija vs Mitra Kukar memang penting bagi tim tuan rumah. Sebab laga tersebut merupakan penentuan gelar juara.

Persija saat ini berada di pucuk klasemen Liga 1 dengan nilai 59 angka. Meski berada di pucuk klasemen, namun Marko Simic dan kawan-kawan belum bisa mengklaim gelar juara. Itu karena masih ada PSM Makassar, tim penghuni tangga kedua yang juga punya modal untuk juara dengan perolehan 58 angka.

PSM juga akan melakoni laga kandang menentukan gelar juara dengan menjamu PSMS Medan di Stadion Andi Mattalatta, Sulawesi Selatan. Dua partai laga penentu juara Liga 1 tersebut digelar pada hari yang sama. Jika Persija berhasil menang atas Mitra Kukar, maka skuat Macan Kemayoran berhak berada di podium utama setelah puasa gelar selama 17 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement