Selasa 11 Dec 2018 18:00 WIB

Gelar Juara Persija Bisa Jadi Penutup Karier Bagus Bepe

Pengamat sepak bola ini berharap ada pemain lokal yang menjadi penerus sang legenda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bambang Pamungkas
Foto: Republika/Desy Susilawati
Bambang Pamungkas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta berhasil meraih gelar juara Liga 1 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar 2-1 pada laga terakhir, Ahad (9/12), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Tim yang dengan julukan Macan Kemayoran itu akhirnya kembali mendapat gelar kampiun setelah berpuasa selama 17 tahun.

Selain itu, gelar juara ini akan menjadi catatan manis bagi sang legenda, Bambang Pamungkas. Pasalnya, kemungkinan besar ini adalah musim terakhir bagi pemain legenda Persija yang kerap disapa Bepe itu.

Pengamat sepak bola nasional Akmal Marhali mengatakan, kemenangan Persija merupakan penutup karier yang bagus bagi Bepe. "Satu-satunya pemain senior yang tersisa kan Bambang Pamungkas dan itu akan jadi penutup karier yang bagus buat Bepe," kata dia, Selasa (11/12).

Meskipun pada laga terakhir kemarin kemunculan Bepe di lapangan tidak lebih dari lima menit, ia tetap dinilai mampu memperkenalkan dirinya sebagai legenda Persija. Ini mengingat usianya sudah 38 tahun, tak lagi ideal bagi pemain sepak bola.

Sementara itu, Akmal berharap para pemain lokal mampu menggantikan posisi Bepe yang melegenda di klub Macan Kemayoran itu. Ia menjelaskan, perlu ada regenerasi di tubuh Persija jika Bambang pensiun. Ia berharap regenerasinya bukan kemudian berasasl dari pemain asing. "Seperti saat ini kan regenerasi Bambang lebih ke pemain asing. Kami berharap pengganti-pengganti sosok Bepe itu ya pemain lokal yang kami bisa harapkan untuk pemain timnas masa depan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement