Selasa 11 Dec 2018 19:09 WIB

Sabet Dua Juara, Bagaimana Nasib Pemain Diklat Persib?

Pemain Diklat Persib memiliki talenta yang tidak boleh disia-siakan.

Bobotoh menyambut rombongan Persib U-19 di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (26/11).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Bobotoh menyambut rombongan Persib U-19 di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (26/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Diklat Persib berhasil menyabet dua gelar juara kompetisi tertinggi usia muda. Persib U-19 berhasil meraih juara Liga 1 U-19 dan Persib U-16 menjadi juara Elite Pro Academy Liga 1 U-16.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengakui aset pemain harus dipertahankan. Karena, menurutnya, pemain Diklat Persib memiliki talenta yang tidak boleh disia-siakan.

"Persib usia muda juara ini menjadi bahan pertimbangan, jenjangnya seperti apa. Ini modal sangat berharga," kata Kuswara di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung Senin (10/12).

Kuswara tidak menampik ada beberapa klub yang membidik pemainnya. Apalagi di kelompok umur U-19, sudah banyak pemain yang pantas dipromosikan ke klub profesional, termasuk promosi di Persib senior. "Saya akan komunikasikan, kami akan rembukkan dengan jajaran pelatih untuk mencari yang terbaik," jelasnya.

Untuk saat ini, Kuswara meminta pemain menikmati waktu kemenangannya. Karena, menurutnya, jalan para pemain ini masih panjang, melihat usianya yang masih muda. "Kunci sukses saya lihat adalah daya juang, kebersamaan, dan tidak instan tentunya," jelas dia.

Salah satunya dengan manajemen Persib memberikan izin untuk pendukung Persib, Bobotoh, melakukan konvoi. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan tidak berhenti untuk Persib senior saja, tapi juga untuk Diklat Persib. "Di kala tim senior (gagal juara), ini menjadi obat pelipur lara para Bobotoh. Saya ucapkan terima kasih kepada Bobotoh yang telah mendoakan Persib di segala umur," kata Kuswara.

General Manager Diklat Persib Yoyo S Adiredja menyatakan, untuk jangka pendeknya, pemain akan terus berlatih. Karena ada beberapa kompetisi yang akan diubah formatnya tahun depan. Sehingga, pemain bisa melakukan promosi ke jenjang kelompok usia di atasnya. "Tahun depan kemungkinan kompetisi ditambah jadi di kelompok usia U-16, U-18, dan U-20. Jadi kemungkinan naik," ujar dia.

Lewat tambahan kompetisi dan bersama Akademi Persib, Yoyo akan menyaring talenta baru untuk mengisi skuat Persib U-16. Karena beberapa pemain U-16 akan naik ke Persib U-18 atau Persib U-19. "Kami menyaring ke Akademi Persib. Kerja sama juga dengan Asprov PSSI Kota Bandung untuk cari pemain 15 tahun untuk U-16."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement