Rabu 12 Dec 2018 15:44 WIB

Casillas Catatkan Kemenangan Ke-100 di Liga Champions

Ia menyamai torehan mantan rekannya Cristiano Ronaldo.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Penjaga gawang FC Porto Iker Casillas
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Penjaga gawang FC Porto Iker Casillas

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Iker Casillas mengukir catatan apik dalam usia senja. Pada umur yang sudah menginjak 37 tahun, kiper asal Spanyol itu mencatatkan rekor di pentas Liga Champions. 

Casillas turun secara penuh saat tim berjuluk Naga melawan tuan rumah Galatasaray di  Turk Telekom Arena, Rabu (12/12) dini hari WIB. Mantan kiper Real Madrid itu membantu Porto menang 3-2 di markas Galatasaray. 

Baca Juga

Kemenangan tersebut menjadi yang ke-100 dicatatkan Casillas di Liga Champions. Ia menyamai torehan mantan rekannya Cristiano Ronaldo yang sudah lebih dulu mencatatkan kemenangan ke-100 di panggung kompetisi antarklub terelite Benua Biru. 

"Casillas menjadi pemain kedua yang bisa mencatatkan 100 kemenangan di Liga Champions. Ia menyamai catatan Cristiano Ronaldo," begitu penjelasan dari penyedia catatan statistik Opta, dikutip dari AS

Liga Champions sudah menjadi DNA Casillas sejak berusia muda. Lulusan akademi Real Madrid Castilla itu sudah merasakan mengangkat Si Kuping Besar saat usianya masih belasan tahun. Casillas menjuarai Liga Champions edisi 1999-2000, 2001-2002, dan terakhir 2013-2014. 

Eks kiper timnas Spanyol melanjutkan kariernya di Porto sejak Juli 2015. Awalnya banyak yang menilai keputusan pindah ke Porto akan menjadi akhir perjalanan Casillas. Tapi tiga tahun lebih sudah berlalu, kilau Casillas di bawah mistar tetap harus mendapatkan pengakuan dan apresiasi. Musim lalu, Casillas membawa Porto merebut gelar juara Liga Portugal.

Catatan 100 kemenangan di Liga Champions milik Casillas masih bisa terus bertambah musim ini. Porto dipastikan maju ke babak 16 besar setelah menjadi juara Grup D. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement