Senin 17 Dec 2018 10:51 WIB

Mou: Peluang Terbaik MU adalah Finis di Empat Besar

MU tidak ingin kehilangan kesempatan berlaga di Liga Champions musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Liga Inggris, Liverpool vs MU.
Foto: republika
Liga Inggris, Liverpool vs MU.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Kekalahan 1-3 dari Liverpool pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Ahad (16/12) malam WIB, membuat Manchester United (MU) terpaku di peringkat keenam Liga Primer Inggris. Runner-up Liga Primer musim lalu itu hanya mampu mengumpulkan 26 poin dari 17 partai awal musim ini.

Jarak antara United dengan penghuni puncak klasemen sementara, Liverpool, pun terentang hingga 19 poin. Sementara dengan posisi keempat, Chelsea, MU mengantongi selisih 11 poin. Hanya mampu mengumpulkan 26 poin dari 17 laga merupakan start terburuk MU di arena Liga Primer sejak 26 tahun silam.

Baca Juga

Pelatih MU Jose Mourinho pun mengungkapkan, peluang terbaik timnya pada musim ini bukan terlibat langsung dalam persaingan perebutan gelar juara Liga Primer, namun bersaing untuk finis di empat besar.

''Tentu, dengan kondisi saat ini, kami tidak bisa menjuarai Liga Primer Inggris. Saya tidak bisa memperbaiki hal itu, tapi kami masih bisa finis di empat besar,'' ujar Mourinho kepada Sky Sports, seperti dikutip ESPN, Senin (17/12).

Pelatih asal Portugal itu memprediksi, timnya bisa finis di enam besar pada akhir Liga Primer Inggris musim ini. Namun, hal tersebut tidak akan cukup. Iblis Merah mengincar posisi empat besar dan tidak ingin kehilangan kesempatan berlaga di Liga Champions musim depan.

Meski begitu, Mourinho sadar, target ini tidak akan mudah. Pasalnya, tim-tim lain seperti Chelsea dan Arsenal tentu akan mengincar posisi terakhir di zona kualifikasi Liga Champions tersebut. ''Untuk saat ini, yang pasti, kami bisa finis di enam besar, tapi hal terbaik yang bisa kami dapatkan adalah mengakhiri liga di peringkat keempat. Saat ini, kami bisa mulai mengincar posisi kelima dan secara perlahan naik ke peringkat keempat,'' ujar eks pelatih Inter Milan dan Chelsea tersebut.

Dalam laga kontra Liverpool, United menyerah 1-3 lewat dua gol dari Xherdan Shaqiri dan gol semata wayang dari Sadio Mane. Satu-satunya gol yang mampu diciptakan MU di laga itu adalah melalui torehan Jesse Lingard usai memanfaatkan kesalahan kiper Liverpool, Alisson.

Di laga tersebut, penampilan MU dinilai mengecewakan dan tidak bisa keluar dari bayang-bayang tim tuan rumah. Namun, Mourinho menilai, anak-anak asuhnya telah memberikan yang terbaik.

Mantan pelatih Real Madrid itu pun mengaku bertanggung jawab atas kekalahan kelima yang diderita United di kancah Liga Primer Inggris musim ini tersebut. ''Saya senang dengan apa yang ditampilkan para pemain di atas lapangan, sikap mereka, dan usaha yang telah mereka tunjukan. Karena itu, tanggung jawab kekalahan ini ada di tangan saya, dan saya ingin para pemain berada di belakang saya (tidak disalahkan),'' tegas pelatih berjuluk the Special One.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement