Selasa 25 Dec 2018 14:18 WIB

PSM Makassar Pertahankan 16 Pemainnya untuk Liga 1 2019

PSM sudah mendepak sembilan pemain usai Liga 1 2018 sampai jelang tutup tahun ini.

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita
Logo PSM Makassar
Foto: liga-indonesia
Logo PSM Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PSM Makassar sibuk merombak susun para pemainnya untuk persiapan kalender kompetisi musim 2019. Usai Liga 1 2018, sampai menjelang tutup tahun ini, sudah sembilan pemain yang didepak.

Namun, manajemen di Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut memastikan 16 penggawa musim lalu yang tetap berseragam Ayam Jantan dari Timur untuk musim mendatang. Direktur Utama PSM Makassar, Munafri Arifuddin menerangkan, perombakan total komposisi pemainnya untuk memastikan langkah lebih maju timnya pada musim 2019.

Dia mengatakan, selain Liga 1 2019, musim depan PSM juga akan mentas di kompetisi level Asia, Piala AFC 2019. Dua gelaran tersebut, kata Munafri menjadi prioritas utama yang harus timnya maksimalkan.

“Kami membutuhkan pemain-pemain yang lebih berkualitas di dua kompetisi itu tahun depan,” kata dia, Selasa (25/12).

Ambisi memenuhi kebutuhan pemain untuk dua gelaran tersebut, PSM pun mengevaluasi ketat para pemainnya dari musim 2018. Pada Senin (24/12), PSM memastikan melepas tujuh pemain setelah beberapa pekan lalu, mendepak dua penggawa asing.

Pada hari yang sama, ia pun memastikan ada 16 pemain lama yang diperpanjang kontrak bermainnya. Mereka yang tetap bersama PSM musim mendatang, salah satunya pemain muda Asnawi Mangkualam Bahar.

Selain itu, Zulkifli Syukur, Rizky Pellu, M. Rahmat, Hilman, Hendra Wijaya, Saldy, M. Arfan, Rasyid Bakri, Ferdinand Sinaga, Reva Adi Utama, Hasim Kipuw, dan Abdul Rahman, juga dipertahankan. Adapun tiga penggawa asing, Guy Junior, dan Marc Klok, bersama Willem Jan Pluim, ikut dipertahankan. Adapun dua penggawa asing yang sebelumnya disetop kontraknya, yakni Steven Paulle dan Allesandro Ferreira Leonardo.

Selain melepas kontrak dua pemain asing, tujuh pemain lokal juga dipastikan tak lagi diandalkan. Mereka antara lain, Ardan Aras, Syaiful, Wasyiat Hasbullah, Arsyad Yusgiantoro, Herri Susanto, Muh Abdullah Safei, dan Ahmad Hari.

Munafri melanjutkan, untuk pemain lokal, manajemen kini masih menunggu negosiasi perpanjangan kontrak, pemain serang Zulham Zamrun dan kiper Rivky Mokodompit.

Pelatih PSM Robert Rene Alberts, pekan lalu pun mengungkapkan kebutuhannya soal pemain untuk musim mendatang memang harus lebih baik dari musim lalu. Lebih spesifik ia mengatakan, lini depan dan belakang akan menjadi prioritas pembenahan.

Khusus di lini depan, untuk mempertajam permainan, pelatih asal Belanda tersebut mengaku sedang dalam negosiasi dengan salah satu mantan kapten timnas dari negara Eropa untuk bergabung ke PSM.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement