Kamis 27 Dec 2018 10:00 WIB

Messi Ternyata yang Terbaik di Paruh Pertama Musim 2018/2019

Statistik Messi bersama Barca yang terbaik di Benua Biru.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
elebrasi gol Lionel Messi ke gawang Huesca.
Foto: AP Photo/Eric Alonso
elebrasi gol Lionel Messi ke gawang Huesca.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Lionel Messi kehilangan tempat di posisi tiga teratas Ballon d'Or untuk pertama kalinya sejak 2006 silam. Tentu, ini bisa dikatakan sebagai tinta hitam bagi kariernya selama menjadi seniman rumput hijau. Hal itu mengingat kiprahnya di dunia sepak bola yang benar-benar gemilang. Khususnya, jika tengah berseragam Barcelona.

Sebelumnya Messi telah memenangkan lima penghargaan Bola Emas bersaing dengan rival terberatnya, Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, saat ini La Pulga, julukan Messi, harus rela menghadapi kenyataan. Mega bintang Barcelona tersebut berada di urutan kelima dalam penghargaan Ballon d'Or.

Meski begitu, ada beberapa momen yang mungkin terlewatkan oleh para penggemar si Kulit Bundar. Penyerang asal Argentina terus mengukir rekor di sepanjang musim 2018/2019. Teranyar, usai menggasak Celta Vigo akhir pekan kemarin, Messi kini sudah mencatat 324 kemenangan di Liga Spanyol.

Hal itu menempatkan pemain kidal ini sebagai penggawa Barca dengan jumlah kemenangan paling banyak di divisi teratas La Liga. Messi melewati rekor yang sebelumnya dipegang Xavi Hernandez dengan catatan 322 kemenangan sebelum hengkang pada 2015 lalu.

Tak hany itu, Opta Jose, Rabu (26/12) mencatat Messi menyumbangkan assist terbanyak (23) ketimbang pemain La Liga lainnya di semua kompetisi. Berturut-turut di bawah Messi ada rekan setimnya, Luis Suarez (21), dan pemain Atletico Madrid Antoine Griezmann (16). 

Pesepak bola berusia 31 tahun ini juga terlibat dalam 47,6 persen dari 147 gol Barcelona yang dicetak pada musim ini di seluruh kompetisi. Total, Messi mencetak 47 gol.

Satu gol di laga kontra Celta Vigo membuat Messi memimpin daftar top skorer dengan 15 gol dan 10 assist. Secara keseluruhan, Messi sudah mencetak 51 gol dari penampilannya di timnas serta klub sepanjang 2018.

Direktur Barcelona Guillermo Amor lantas memberikan pujian kepada pemilik nomor punggung 10 di Camp Nou. Ia menilai Messi tak pernah menyerah di setiap pertandingan.

"Dia sangat profesional dan serius. Dia tak puas dengan posisi terbaik kedua dan mencoba untuk memperbaiki sebelumnya.Dia bermain seperti itu karena dia yang terbai," ucap Amor dikutip Fourfourtwo, Rabu (26/12).

Statistik sempurna Messi

3 Messi hanya gagal mencetak gol atau membantu timnya mencetak gol pada tiga dari 20 penampilannya untuk Barcelona musim ini

8 Tercatat dalam sembilan musim terakhir, Messi melewati delapan musim di antaranya dengan mencetak minimal 50 gol

51 Messi menutup tahun 2018 dengan mencetak 51 gol dan memberikan 26 assits dalam 54 penampilan untuk klub dan negara

47,6% Messi telah berkontribusi langsung dengan mencatat 47,6 persen untuk gol Barcelona pada 2018

48 Pada musim 2018/2019 ini, Messi rata-rata mencetak gol setiap 48 menit, tingkat paling produktif sepanjang kariernya

49 La Pulga mencatat rekor 49 pertandingan La Liga tanpa merasakan kekalahan, setelah kehilangan satu-satunya kekalahan melawan Leganes 1-2 pada 2017/2018

Sumber : Planet Footbaal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement