Jumat 28 Dec 2018 16:17 WIB

Dominasi Afrika di Daftar Top Skorer Liga Primer Inggris

Munculnya nama Aubameyang di daftar teratas top skorer sementara menjadi kejutan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol.
Foto: EPA/WILL OLIVER
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selama tujuh musim sejak terakhir Didier Drogba menjadi top skorer Liga Primer Inggris di musim 2009/2010, tak ada satu pun penyerang dari Benua Afrika yang mampu memenangkan sepatu emas. Sejak performa Drogba menurun bersama Chelsea, gelar top skorer Liga Primer menjadi trofi bergilir striker Eropa dan Amerika Latin.

Barulah sejak musim lalu, Mohamed Salah dari Mesir mengembalikan kebesaran para penyerang Benua Hitam sebagai bomber tersubur. Musim perdana Salah bersama Liverpool dihiasi dengan catatan 32 gol di liga. Ia mengalahkan para bomber tajam, seperti Sergio Aguero, Romelu Lukaku, dan Harry Kane.

Baca Juga

Musim ini, cerita bisa saja akan sama. Ini lantaran sampai pekan ke-19 dua talenda Afrika memuncaki catatan gol terbanyak sementara. Posisi teratas ditempati striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang timnas Gabon itu sudah melesakkan 13 gol dan 3 assist buat the Gunners.

Di urutan dua, Salah hanya berselisih satu gol dari Aubameyang. Kelebihan Salah, ia sudah mencatatkan enam assist buat the Reds.

Munculnya nama Aubameyang di daftar teratas top skorer sementara menjadi kejutan. Penampilan pemain 29 tahun itu sejak dibeli Arsenal setahun lalu awalnya tidak terlalu meyakinkan. Aubameyang tidak mampu membawa Arsenal finis di empat besar klasemen akhir Liga Primer musim lalu. Setengah musim pertama berkostum Meriam London, Auba mencetak 10 gol dari 13 penampilan.

Catatan setengah musim pertama mantan pemain Borussia Dortmund itu sebenarnya tidak buruk. Tapi ia sepi dari pujian karena kondisi Arsenal sedang buruk buntut desakan mundur terhadap Arsene Wenger dari kursi pelatih Arsenal begitu kencang. Sehingga, publik luput memperhatikan kehebatan Aubameyang.

Musim ini, pemain lulusan akademi AC Milan itu perlahan membuktikan kualitasnya sebagai pemain termahal Arsenal. Klub yang bermarkas di Stadion Emirates itu mengeluarkan biaya 56 juta poundsterling untuk membeli Aubameyang dari Dortmund.

Gol ke-13 Aubameyang dicetak saat membantu Arsenal menahan seri tuan rumah Brighton & Hove Albion di laga Boxing Day beberapa hari lalu.

Top skorer sementara Liga Primer dikutip dari Soccerway

P Aubameyang    (Arsenal/Gabon)        13 gol   

Harry Kane    (Tottenham/Inggris)        12 gol

Mohamed Salah    (Liverpool/Mesir)      12 gol

Eden Hazard    (Chelsea/Belgia)           10 gol

Richarlison    (Everton/Brasil)                9 gol

R Sterling    (Man City)                         9 gol

S Agüero     (Man City/Argentina)          8 gol

Felipe Anderson    (West Ham/Brasil)     8 gol

A Martial    (Man Utd/Prancis)                8 gol

G Murray (Brighton/Inggris)                  8 gol

G Sigurdsson    (Everton/Islandia)         8 gol

C Wilson    (Bournemouth/Inggris)         8 gol

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement