Sabtu 05 Jan 2019 14:28 WIB

Carolina Marin Jadi Atlet Perempuan Terbaik Spanyol 2018

Ia mampu menjadi salah satu pebulu tangkis papan atas di tunggal putri.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis asal Spanyol, Carolina Marin (kiri) saat menjadi juara dunia pada 2014 lalu
Foto: BWF
Pebulu tangkis asal Spanyol, Carolina Marin (kiri) saat menjadi juara dunia pada 2014 lalu

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Olahraga bulu tangkis tidak begitu populer di Spanyol. Negeri Matador ini lebih terkenal untuk sejumlah olahraga favorit dunia, seperti sepak bola, voli, basket, tenis, balap F1, dan MotoGP.

Tapi siapa sangka kalau pemenang atlet favorit perempuan Spanyol versi Marca direbut pebulu tangkis Carolina Marin. Atlet berusia 25 tahun tersebut menempati peringkat tujuh Desember 2018 kemarin.

"Carolina Marin atlet perempuan terfavorit Spanyol tahun 2018. Ia memenangkan medali emas di kejuaraan dunia di Cina tahun ini," begitu laporan Marca awal pekan ini.

Selain merebut gelar juara dunia di nomor tunggal putri di Cina, Carolina juga mendapatkan medali perunggu di kejuaraan Eropa di Kazan di nomor beregu dan medali emas di kejuaraan Eropa di Huelva untuk tunggal putri.

Carolina mampu menjadi salah satu pebulu tangkis papan atas di tunggal putri karena di nomor tersebut tidak ada dominasi dari negara-negara kuat bulu tangkis. Peringkat satu dunia dipegang atlet Cina Taipei Tai Tzu Ying, disusul atlet Jepang Nozomi Okuhara, kemudian atlet India Pusarla Sindhu, Chen Yufei dari Cina di urutan empat, dan Akane Yamaguchi dari Jepang di peringkat lima.

Dengan pemeringkatan tersebut, dapat dikatakan Carolina merupakan atlet bulu tangkis terhebat dari tanah Eropa tahun lalu. Marca memberikan lima kategori penghargaan untuk dunia olahraga di tahun 2018.

Untuk atlet Spanyol putra terbaik dinobatkan kepada Rafael Nadal. Atlet internasional putra terbaik menjadi milik juara dunia F1 Lewis Hamilton. Atlet internasional putri terbaik dimenangkan atlet tenis Simona Halep. Untuk tim terbaik dimenangkan Real Madrid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement