Sabtu 12 Jan 2019 01:54 WIB

AS Monaco Umumkan Kedatangan Cesc Fabregas

Fabregas akan bermain di bawah arahan mantan rekan setimnya di Arsenal, Thierry Henry

Cesc Fabregas
Foto: EPA-EFE/Alberto Estevez
Cesc Fabregas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cesc Fabregas resmi meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan AS Monaco. Pengumuman kepindahan eks pemain Chelsea ini disampaikan via Twitter AS Monaco pada Sabtu (12/1) dini hari WIB. Fabregas akan bermain di bawah arahan mantan rekan setimnya di Arsenal, Thierry Henry, dengan kontrak tiga setengah tahun.

Eks pemain timnas Spanyol itu menjadi kapten The Blues di Piala FA melawan Nottingham Forest. Ia menangis ketika memberikan penghormatan kepada fan setelah peluit akhir.

Pria 31 tahun ini bergabung dengan Chelsea dari Barcelona pada 2014, setelah bermain 303 kali untuk Arsenal antara 2003 dan 2011.

Fabregas menggambarkan langkah itu sebagai proyek baru, menyebutnya sebagai kehormatan besar.

"Saya di sini untuk membantu tim, saya menantikan untuk memulai. Saya sangat bersemangat," kata dia.

BBC Sport memahami bahwa Monaco belum membayar biaya untuk kepindahan Fabregas. Tetapi, manajemen tim Prancis ini tetapi akan membayar bonus untuk Chelsea terkait penampilan Fabregas.

Fabregas memenangkan dua gelar Liga Primer Inggris, dua Piala FA, dan satu Piala Liga dalam 501 penampilan di sepak bola Inggris.

Bersama The Gunners, ia memenangkan Piala FA dan bermain dalam kekalahan final Liga Champions 2006 melawan Barcelona, ​​sebelum bergabung dengan raksasa Katalan pada 2011.

Setelah memenangkan enam trofi bersama Barcelona, ​​termasuk La Liga dan Piala Dunia Antarklub, ia kembali ke Inggris untuk memenangkan Liga Primer dua kali dalam tiga musim bersama Chelsea. Pertama di bawah Jose Mourinho dan kemudian Antonio Conte.

Dalam musim terakhir kontraknya di Stamford Bridge, ia baru memulai satu pertandingan Liga Primer  di bawah bos baru Maurizio Sarri.

Mantan striker Prancis dan Arsenal Henry memimpin Monaco, tempat ia memulai karier bermainnya, pada Oktober. Tetapi mereka hanya menang dua kali di bawah sentuhannya dan berada di dua terbawah dengan 13 poin dari 18 pertandingan.

Wakil presiden klub, Vadim Vasilyev, menyatakan sangat senang menyambut Fabregas ke AS Monaco. Ia mengatakan, sosok Fabregas sebagai pemain kelas dunia dan profesional hebat menunjukkan ambisi klub.

"Kami yakin bahwa pengalamannya di level tertinggi akan membawa banyak hal kepada pemain kami di dalam dan di luar lapangan," kata Vasilyev.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement