Jumat 18 Jan 2019 11:28 WIB

Tanpa Kawhi Leonard, Raptors Kalahkan Suns

Tuan rumah dipaksa kerja keras sebelum akhirnya menang tipis, 111-109.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Kawhi Leonard
Foto: AP /Rick Scuteri
Kawhi Leonard

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Toronto Raptors tanpa diperkuat bintang utamanya Kawhi Leonard saat menjamu tim papan bawah Phoenix Suns dalam laga yang digelar Jumat (18/1) WIB di Scotoa Bank Arena, Toronto. Tuan rumah dipaksa kerja keras sebelum akhirnya menang tipis, 111-109, dalam lanjutan kompetisi bola basket NBA.

Hingga pertandingan menyisakan 13 detik, kedudukan kedua tim masih imbang 109-109. Ketika banyak orang memperkirakan Kylie Lowry yang akan menjadi eksekutor akhir, setelah mendapat bola, Lowry justru menyerahkan bola kepada Pascal Siakam yang langsung menusuk dari kiri.

Pemain Suns terlambat menutup gerakan Siakam sehingga lay-up-nya melesak mulus berbarengan dengan suara bel tanda pertandingan usai. Dua angka terakhir ini mengantar Raptors memenangkan laga 111-109. Tambahan dua angka ini menjadikan Siakam mencetak double-double, 10 angka dan 12 rebound.

Dalam laga ini, Raptors mengistirahatkan Leonard untuk menjaga kebugaran setelah sehari sebelumnya berjibaku ketika dikalahkan Boston Celtics. Manajemen menjaga kebugaran Leonard karena ia nantinya disibukkan dengan NBA All Stars yang akan digelar Februari 2019.

Meski tanpa Leonard, tuan rumah langsung unggul jauh 32-20 di kuarter pertama. Tim tamu memangkas jarak menjadi 49-57 saat jeda istirahat. Bahkan, Suns berbalik unggul 78-77. Kuarter akhir kedua tim bergantian memimpin. Namun tuan rumah yang mendapat dukungan penuh akhirnya menang 111-109.

Penentu kemenangan memang dilakukan Siakam. Namun, top skorer Raptors kali ini adalah Serge Ibaka yang mengemas 22 angka, Lowry mencetak 16 angka, Fred Van Fleet 16 angka, C.J Miles 13 angka, dan Delon Wright 10 angka.

Di kubu Suns, Devin Booker menjadi pendulang angka terbanyak dengan 30 angka, Kelly Oube jr 18 angka, DeAndre Ayton membukukan double-double 15 angka dan 17 rebound, Mikal Bidges 15 angka, dan TJ Warren 11 angka.

Dengan kemenangan ini, catatan Raptors menjadi 34-13 dan masih terpaku di posisi dua Wilayah Timur. Sedangkan, Suns 11-35 makin terpuruk di posisi juru kunci Wilayah Barat. Selanjutnya, Raptors akan menjamu Memphis Grizzlies, sedangkan Suns menuju markas Charlotte Hornets.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement