Senin 21 Jan 2019 01:01 WIB

10 Klub Eropa dengan Rata-Rata Penonton Terbanyak di Stadion

Borussia Dortmund berada di daftar teratas.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Suporter Borussia Dortmund
Foto: EPA/Kay Nietfeld
Suporter Borussia Dortmund

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) mengeluarkan daftar 10 besar klub dengan rata-rata penonton terbanyak di setiap pertandingan. Itu terhitung sejak musim 2017/2018.

Menurut situs resmi Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund di posisi teratas. Klub elite Jerman itu bisa menarik 79.496 orang ke Signal Iduna Park di setiap laga.

Berikutnya masih dari ranah Jerman. Di posisi kedua, ada Bayern Muenchen. Rata-rata 75 ribu penggemar sepak bola memenuhi Allianz Arena di setiap partai.

"Klub Bundesliga sekali lagi memuncaki klasemen untuk rata-rata kehadiran di musim 2017/18 menurut Badan Sepak Bola Eropa," demikian laporan yang dikutip dari situs resmi kompetisi tersebut, Ahad (20/1).

Di tempat ketiga ada Manchester United. Sekitar 74.976 orang mendatangi tribun Old Trafford di setiap laga.

Menyusul di posisi keempat, wakil Negeri Ratu Elisabeth lainnya. Adalah Tottenham Hotspur yang mampu menyerap 67.953 penonton di Stadion Wembley dalam setiap partai.

Wakil La Liga Spanyol, Barcelona di urutan kelima. Dalam setiap pertandingan ada 66.603 penggemar sepak bola memenuhi Stadion Camp Nou.

Rival abadi La Blaugrana, Real Madrid nongkrong di tangga keenam. Sekitar 66.161 penikmat lapangan hijau memadati Stadion Santiago Bernabeu di setiap laga.

Di urutan ketujuh ada perwakilan dari Jerman, Schalke 04. Sebanyak 61.197 orang mendatangi Veltins Arena di setiap pertandingan.

Arsenal menyusul di urutan kedelapan. Stadion Emirates rata-rata menampung 59.323 penggemar sepak bola di setiap laga.

Inter Milan di peringkat kesembilan. Inter satu-satunya wakil Italia yang masuk 10 besar. Di setiap partai, sekitar 57.529 penonton memadati Stadion Giuseppe Meazza.

Di urutan kesepuluh ada klub raksasa Skotlandia, Celtic FC. Sebanyak 57.523 orang memenuhi Celtic Park jika dirata-ratakan dari setiap pertandingan.

"Celtic boleh berbangga, mengingat klub tersebut meninggalkan beberapa tim dengan stadion besar seperti West Ham United, Liverpool, AC Milan, dan Newcastle United," demikian laporan dari Daily Record.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement